Cerita Ramayana Bahasa Jawa Lengkap dengan Terjemahan atau Artinya

22 Februari 2023 13:19 WIB
Cerita Ramayana bahasa Jawa.
Cerita Ramayana bahasa Jawa. ( Kemenparekraf)

Sonora.ID - Ramayana merupakan salah satu peninggalan sejarah yang dikarang oleh Walmiki yang menceritakan mengenai kisah kepahlawanan Sang Rama, raja Kerajaan Kosala, sebelah utara Sungai Gangga, India.

Sosok Rama dalam pandangan Hindu dipercaya sebagai awatara Dewa Wisnu yang turun ke bumi pada zaman Tretayuga.

Selain menceritakan kisah kepahlawanan Rama, kitab Ramayana tersebut juga menceritakan kisah Rama dan Sinta (Sita) sebagai inkarnasi dari Laksmi yang merupakan istri Dewa Wisnu.

Kitab Ramayana ini pun diketahui dibagi atas 7 Saptakanda, yakni Balakanda, Ayodhyakanda, Aranyakanda, Kiskindhakanda, Sundarakanda, Yuddhakanda, dan Uttarakanda.

Berikut ini pun penggalan cerita Ramayana dalam bahasa Jawa yang menceritakan kisah Rama dan Sinta lengkap dengan terjemahannya.

Baca Juga: 7 Contoh Cerita Rakyat Bahasa Jawa yang Singkat serta Artinya

Cerita Ramayana Bahasa Jawa

Sakwijining dina kerajaan mantili ingkang kerajaane bapak ipun Rama Dewi Shinta, yaiku Prabu Janaka. Dhekne ngadaaken sayembara “Sinten seng saget manah engkang sae, ajeng didadeaken mantu” salah setunggaling pesertane yaiku Prabu Rama dan Prabu Rahwana.

Sayembara nipun diwiwiti, Rahwana wiwiti manah, ananging boten saget ngangkat panah kasebut. Banjur Rama giliran manah, dhekne biso ngangkat panah kasebut. Sehinggo Rama seng saget menangake sayembara, lan akhire angsal mbojo Dewi Shinta. Namung Rahwana mboten remen yen Rama dados bojone Shinta.

Alengko niku kerajaan Indrajid, Rahwana, Patih Prahasta. Sarpanaka maringi kabar teng Rahwana yen enten wong wadon ayu, Rahwana ipun banjur madosi tiang wadon wau. Kasunyatan Putri nipun Putman Kalamanica. Putri kalamanica niki saget gantos wujud nopo mawon lan saget ngrubah wujud dados alit banget.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.