Arti Qadarullah Lengkap dengan Makna, Waktu Pengucapan, dan Hikmah

28 Februari 2023 14:30 WIB
Arti qadarullah.
Arti qadarullah. ( Pexels)

Sonora.ID - Qadarullah atau qodarullah menjadi salah satu ungkapan yang kerap diungkap oleh umat Muslim saat menghadapi sebuah peristiwa yang terjadi secara tiba-tiba dan di luar kendali manusia.

Misalnya, dalam sebuah musibah kebakaran ditemukan ada seorang bayi yang menjadi korban selamat.

"Qodarullah bayi yang terjebak di dalam rumah saat kebakaran terjadi tidak lecet dan kurang satu apapun.”

Qadarullah ( قَدَرُ اللَّهِ) secara bahasa sendiri berarti ketetapan/hukum/perintah/kehendak Allah SWT. Sedangkan secara istilah, ungkapan ini memiliki arti takdir atau keputusan Allah SWT.

Baca Juga: 5 Cara Agar Cepat Tidur Menurut Islam Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Makna Qadarullah

Sesuai dengan penjelasan pengertiannya di atas, ungkapan ini mengandung makna bahwa segala hal yang ada di kehidupan ini bisa terjadi atas kehendak Allah SWT.

Hanya Allah SWT sematalah yang mampu mengatur segalanya baik dari hal yang paling kecil pun. Oleh sebab itu, manusia harus patuh dan percaya kepada segala hal yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

Waktu Penggunaan

Dalam ajaran Islam ungkapan ini ada baiknya diungkapkan di momen ketidakpercayaan seorang Muslim atas segala sesuatu yang telah terjadi, baik atau buruk merupakan kehendak Allah SWT yang tidak bisa dihindari maupun dilawan.

Hal ini sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW dalam sebuah hadis yang menjelaskan bahwa ungkapan qadarullah berguna untuk mengingatkan diri sendiri akan kebesaran Allah SWT dalam menetapkan sebuah takdir.

"Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada mukmin yang lemah. Namun, keduanya tetap memiliki kebaikan. Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah. Jika engkau tertimpa suatu musibah, maka janganlah engkau katakan: "Seandainya aku lakukan demikian dan demikian." Akan tetapi hendaklah kau katakan: "Ini sudah jadi takdir Allah (Qodarullah wa maa-syaa-a fa'ala). Setiap apa yang telah Dia kehendaki pasti terjadi." Karena perkataan seandainya dapat membuka pintu syaitan." (HR Muslim).

Hikmah

Dengan memahami dan meyakini makna ungkapan qadarullah ini, maka ada sejumlah hikmah yang dapat kita petik.

  • Dapat merasakan kedamaian dan ketenangan hati.
  • Selalu berprasangka baik atau husnuzan terhadap segala takdir Allah SWT.
  • Sebagai pengingat kebesaran Allah SWT.
  • Menghilangkan rasa keputusasaan dalam diri saat menghadapi musibah.
  • Dapat menjauhkan diri dari bersikap sombong saat telah sukses.

Baca Juga: 8 Cara Menyapih Anak Menurut Islam Lengkap dengan Penjelasan Dalilnya

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm