10 Contoh Cerita Hikayat, Tema Beragam, Singkat, dan Penuh Makna!

2 Maret 2023 16:30 WIB
Ilustrasi contoh cerita hikayat
Ilustrasi contoh cerita hikayat ( blogs.bl.uk)

Sonora.ID - Mari simak ulasan terkait contoh cerita hikayat yang memiliki tema beragam, singkat, dan penuh makna berikut ini.

Hikayat adalah salah satu karya sastra dengan bentuk prosa yang ditulis menggunakan Bahasa Melayu dan kaya akan nilai moral.

Karya sastra ini menceritakan tentang kesaktian, kepahlawanan, dan keajaiban yang dimiliki seseorang diiringi dengan humor dalam alur ceritanya.

Pada umumnya, Hikayat sendiri memiliki ciri-ciri yang dapat dikenali dengan sangat mudah, yakni:

  1. Pengarang tidak diketahui asal muasalnya atau bersifat anonim
  2. Menggunakan gaya Bahasa Melayu yang klise
  3. Disampaikan secara turun-menurun
  4. Tidak ada perubahan dalam alur cerita meskipun sudah diturunkan ke beberapa generasi
  5. Peristiwa yang terjadi pada alur cerita tidak masuk akal

Agar lebih memahami konteks dari karya sastra ini, kamu bisa menyimak 10 contoh cerita hikayat berikut ini berdasarkan rangkuman berbagai sumber.

1. Contoh Cerita Hikayat I

Si Bayan yang Budiman

Baca Juga: 12 Contoh Cerita Fiksi Pendek Berbagai Tema Beserta Pengertian, Ciri dan Jenisnya

Alkisah, terdapat saudagar kaya bernama Khojan Mubarok yang tinggal di negara Ajam. Kekayaannya sangat melimpah, namun belum juga dikaruniai anak.

Tidak berselang lama usai ia memohon kepada Tuhan, istrinya hamil dan melahirkan seorang anak laki-laki yang kemudian diberi nama Khojan Maimun.

Setelah Khojkan Maimun berumur lima tahun, ia diserahkan oleh bapaknya untuk mengaji kepada banyak guru hingga umur lima belas tahun.

Ia kemudian dikawinkan dengan anak seorang saudagar kaya nan cantik bernama Bibi Zainab.

Setelah Khojan Maimun mempersuntingnya, ia membeli burung tiung betina dan burung bayan jantan, lalu dibawanya ke rumah.

Suatu hari, Khojan Maimun hendak pergi untuk urusan perniagaan di laut, lalu dia meminta izin kepada istrinya.

Sebelum pergi, berpesanlah Khojan Maimun pada istrinya. Jika kamu merasa kesepian, bercakaplah dengaan dua ekor burung pintar tersebut.

Usai ditinggal oleh suaminya untuk urusan pekerjaan, datanglah seorang anak Raja Ajam yang berkuda. Ia melihat paras istri Khojan Maimun yang sangat cantik rupawan.

Lalu, anak raja tersebut berupaya mendekati bibi Zainab dengan perantara seorang perempuan tua.

Suatu hari, Bibi Zainab meminta izin kepada burung-burungnya untuk menemui anak raja, tetapi salah satu burung memberitahunya agar tidak berbuat sesuatu yang melanggar perintah Allah SWT.

Mendengar nasihat tersebut, istri Khojan Maimun justru marah dan melempar burungnya ke lantai hingga mati.

Bibi Zainab kemudian mendatangi burung yang satunya. Ia sedang pura-pura tidur dan terbangun untuk mendengar isi hati Bibi Zainab yang hendak pergi bersama anak raja.

Burung tersebut pun berpikir dan mulai menjawab, “Bibi Zainab, bergegaslah pergi, nampaknya anak raja sedang menunggu kau. Namun sebelum pergi, aku memiliki kisah menarik tentang wanita yang terkena balasan karena mengkhianati suaminya”.

Mendengar kisah burung, Bibi Zainab merasa tertarik untuk mendengarkan kisah tersebut. Akhirnya, burung pun bercerita kepadanya dengan harapan agar ia tidak jadi melangkah menemui anak raja.

Setelah mendengar cerita burung tersebut, Bibi Zainab akhirnya insaf terhadap perbuatannya yang ingin pergi berkencan dengan anak raja dan memilih menunggu suaminya pulang dari rantauannya.

2. Contoh Cerita Hikayat II

Kerajaan Malim Dewa

Malim Dewa adalah seorang putra raja. Ia menggantikan ayahnya sewaktu ayahnya pergi menunaikan ibadah haji. Ia bertunangan dengan tiga orang putri, hasil pencarian seekor burung nuri. Mereka ialah Nilam Cahaya, Gondan Gentasari, dan Andam Dewi. Andan Dewi dipinang juga oleh seorang raja lain. Karena pinangan itu tidak dikabulkan, oleh raja itu, ia dibuat sakit dengan ilmunya, bahkan negara Andam Dewi kemudian dihancurkannya.

Andam Dewi bersama ibunya terpaksa menyembunyikan diri. Malirn Dewa mencari Andam Dewi dan mengawininya, tetapi akibat perkawinan itu ia dibunuh oleh raja yang telah ditolak pinangannya. Malim Dewa dihidupkan kembali oleh Nilam Cahaya.

Kemudian ia mengawani Gondan Gentasari dan berkat kemenangannya dalam suatu peperangan ia juga mengawini dua putri yang lain. Perkawinannya yang terakhir ialah dengan putri Nilam Cahaya, yang dilakukan di dalam kayangan. 

3. Contoh Cerita Hikayat III

Abu Nawas dan Lalat

Suatu hari, Baginda Raja membongkar rumah dan tanah Abu Nawas begitu saja untuk menemukan emas dan permata.

Namun, ternyata emas dan permata yang katanya berada di dalam tanah milik Abu Nawas hanyalah rumor.

Setelah tidak menemukan emas dan permata, Baginda Raja bukannya meminta maaf dan mengganti kerugian, tetapi malah pergi begitu saja.

 

Abu Nawas pun marah dan ingin balas dendam.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm