8 Contoh Cerita Wayang Bahasa Jawa yang Singkat Lengkap dengan Artinya

Diperbaharui 1 Oktober 2023 17:39 WIB
Contoh cerita wayang bahasa Jawa.
Contoh cerita wayang bahasa Jawa. ( Kompas)

Sonora.ID - Mengutip dari buku Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak, cerita wayang menjadi salah satu warisan seni-budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang tinggi nilainya.

Menurut Groenendael, cerita wayang ini berpakem pada dua karya besar berjudul Ramayana dan Mahabharata yang teks aslinya ditulis dalam bahasa Sansekerta kemudian disadur dan disunting ke dalam bahasa Jawa Kuna sekaligus disesuaikan dengan cerita dan legenda yang telah merakyat kala itu.

Cerita wayang pun terus tumbuh dan disunting ke dalam bahasa Jawa Kuna, Tengahan, Baru, dan bahkan ke dalam bahasa Indonesia serta asing.

Meski telah melewati berbagai peristiwa sejarah yang panjang, namun cerita wayang nyatanya masih banyak digemari oleh masyarakat lantaran pesan moral yang dikandungnya.

Ajaran moral dalam cerita wayang kurang lebihh sama, yakni tokoh berkarakter baik menghadapi dan menunmpas tokoh berkarakter jahat, atau kebaikan versus kejahatan, dan pasti dimenangkan oleh kebaikan.

Ajaran moral ini seakan telah  menjadi sesuatu yang klasik dan telah menjadi tradisi yang turun-temurun.

Dengan demikian plot cerita wayang pun telah memiliki pola alur yang sudah pasti sesuai dengan ajaran moral yang disampaikannya.

Untuk memahaminya di bawah ini pun beberapa contoh cerita wayang dalam bahasa Jawa yang hingga kini masih didengar oleh masyarakat Indonesia lengkap dengan artinya, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 80 Pantun Bahasa Jawa 2 Baris: Lucu, Bikin Ketawa, dan Penuh Nasihat

Contoh Cerita Wayang Bahasa Jawa

Contoh 1

Antareja Sing Ngesakke

Antareja minangka paraga wayang sing duwe kabisan dhuwur. Dheweke bisa ndilat bekas sikil mungsuh lan langsung mati. Krishna kuwatir banget babagan kemampuan gedhe Antareja. kemampuan kasebut bisa mbebayani kanca dhewe sajrone perang amarga ora bisa mbedakake tilas tapake sikil.

Krishna ngrencanakake soko. Krishna ngajak Antareja ing papan sing gedhe. Krishna njaluk supaya interareja ndilat salah sawijining tilas tapake sikil. Krishna ujar manawa tilas tapake sikil wong kasebut minangka tilas tapake sikil sing mbebayani banget ing perang Batarayudha. Antareja langsung ndilat tilas sikil bekas. ora suwe sawise kui, dheweke seda.

Artinya:

Antareja yang Menyedihkan

Antareja adalah tokoh pewayangan yang memiliki kemampuan hebat. Ia bisa menjilat bekas jejak kaki musuh dan seketika membuatnya mati. Kresna khawatir akan kemampuan hebatnya tersebut. kemampuan itu bisa membahayakan teman sendiri ketika perang nanti karena tidak mampu membedakan bekas jejak kakinya.

Kresna merencanakan sesuatu. Kresna mengajak Antareja di sebuah tempat yang luas. Kresna meminta antareja untuk menjilat salah satu bekas jejak kaki. Kresna mengatakan bahwa jejak kaki orang tersebut adalah jejak kaki orang yang sangat berbahaya di perang batarayudha. Antareja langsung menjilat bekas jejak kaki tersebut. tak lama kemudian, ia mati.

Contoh 2

Karna Putra Dewi Kunti

Dewi Kunti seneng banget nalika krungu kabar putra pembarepe kang nate dilarung ing kali Gangga nyatane isih urip lan madeg dadi adipati ing Awangga.

Sawijining dina, sabubare perang antarane Kurawa lan Pandhawa dikumandhangake. Dewi Kunti ketemu klawan Karna ing pinggiring kali Gangga.

Ing kalodhangan iku Dewi Kunti ngomong menyang Karna ngenani apa kang sanyatane. Sawise kuwi Dewi Kunti ngajak supaya Karna gelem gabung klawan Pandhawa.

Nanging panyuwunane Dewi Kunti iki ditolak. Jalaran Karna isih ngrasa lara ati merga diguwang menyang kali Gangga jaman isih cilik biyen.

Saliyane iku Karna milih nggabung Kurawa merga sumpahe. Karna nate ngucap sumpah bakal nglindhungi Hastinapura kang wis aweh kamulyan tumrap uripe.

Samungkure ngerti kaputusane Karna. Bisane Dewi Kunti mung nggetuni lelakon kang dumadi ing jaman kawuri.

Upama wae biyen piyambake ora nglanggar sumpahe. Kahanan ing dina iki menawa wae ora bakal dumadi.

Artinya:

Dewi Kunti sangat bahagia ketika mengetahu putra yang pernah dibuang ternyata masih hidup dan menjadi adipati di Awangga.

Suatu hari, setelah perang antara Kurawa dan Pandawa dikumandangkan. Dewi Kunti bertemu dengan Karna di tepi sungai Gangga,

Di kesempatan itu Dewi Kunti bicara kepada Karna tentang apa yang terjadi sesungguhnya. Setelah itu Dewi Kunti mengajak Karna bergabung dengan Pandawa.

Tetapi keinginan Dewi Kunti ini ditolak Karna. Sebab, Karna masih sakit karena dibuang ke sungai Gangga saat masih kecil dulu.

Selain itu, Karna memilih bergabung dengan Kurawa karena sumpahnya. Karna pernah bersumpah bahwa dirinya akan melindungi Hastinapura yang telah memberi kemuliaan pada dirinya.

Setelah mendengar keputusan Karna. Dewi Kunti hanya bisa menyesal terhadap peristiwa yang telah berlalu.

Seandainya dulu dia tidak melanggar sumpahnya. Peristiwa seperti hari ini mungkin tidak akan pernah terjadi.

Contoh 3

Arjuna lan Karna

Arjuna lan Karna iku pejuang apik. Kaloro wong kasebut duwe kabisan panahan sing ora ono sing nandingi. Wong loro kuwi sejatine uga sedulur. Nanging nasib misahake. Takdir yaiku nalika kunti mbuwang bayi ning kali amarga klirune kelakoan.

Banjur, nalika nyedhaki perang batarayuda, Karna ngerti ibune kui kunti. Kunti uga nerangake kabeh. Kunti pengin amarga mengko dheweke ora bakal mateni Pandawa sajrone perang.

Karna sarujuk. Dheweke mung bakal nglawan Arjuna nalika perang lan ora bakal dipateni. Arjuna yaiku salah sawijine sing mateni Karna sajroning perang. Matèni seduluré dhéwé.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm