3 Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa tentang Tempat Wisata: Pendek dan Artinya

19 September 2023 15:45 WIB
Teks deskripsi bahasa Jawa tentang tempat wisata yang singkat, sesuai struktur, dan artinya.
Teks deskripsi bahasa Jawa tentang tempat wisata yang singkat, sesuai struktur, dan artinya. ( Kompas.com)

Sonora.ID - Teks deskripsi adalah salah satu jenis tulisan yang menggambarkan atau menjelaskan tentang suatu hal, objek atau keadaan tertentu. 

Secara etimologis, istilah deskripsi berasal dari bahasa latin yaitu describere yang berarti menggambarkan atau memberikan penjelasan mengenai sesuatu. 

Teks deskripsi ini memiliki tujuan, yakni untuk menggambarkan suatu hal yang berkaitan dengan pengalaman berdasarkan hasil pengamatan seluruh panca indera. 

Dari situ penulis bisa menciptakan daya khayal pembaca sehingga mereka bisa merasakan langsung apa yang dibahas di dalam teks.

Teks deskripsi memiliki struktur dalam penulisannya yang terdiri atas beberapa bagian, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Judul
  • Identifikasi
  • Klasifikasi
  • Deskripsi
  • Simpulan

Untuk memahaminya secara lebih baik berikut ini kami sajikan paparan mengenai kumpulan contoh teks deskripsi bahasa Jawa tentang tempat wisata yang singkat, pendek, dan artinya, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 5 Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Makanan Tradisional dan Artinya

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa tentang Tempat Wisata

Contoh 1

Malioboro Ayu

Wong Indonesia mesti kenal karo Malioboro. Papan wisata ing Daerah Istimewa Yogyakarta iki tansah nduweni daya tarik dhewe. Sejatine papan iki didadekake pusat wisata kutha Yogyakarta. 

Malioboro dhewe dijupuk saka jeneng dalan. Pesonane pancen ndadekake wong pengen ngunjungi maneh lan maneh. Turis lokal lan manca seneng ketemu panggonan wisata siji iki.

Ana akeh vendor lan panggonan liyane kanggo seneng. 

Yen sampean pengen tuku aksesoris, kaos, utawa oleh-oleh panganan, sampeyan bisa langsung menyang Teras Malioboro sing wis dipindhah lan digawe papan sing luwih cocog dening pemerintah. 

Pengunjung uga bisa ngunjungi museum lan bangunan prasejarah liyane. Tuladhanipun Benteng Vredeburg ingkang mapan wonten ing caket titik 0 km Jalan Malioboro. 

Ana uga Pasar Beringharjo minangka papan kanggo rekomendasi blanja sandhangan sing paling murah.

Ing sacedhake Malioboro uga ana Kraton Yogyakarta, ing ngendi masyarakat lokal nganakake kegiatan safety, upacara lan liya-liyane. 

Ora gumun nganti saiki Malioboro tansah dadi dalan gedhe ing kutha Jogja. Ora perlu kuatir babagan penginapan, amarga Jogja mesthi nyedhakake akomodasi sing murah lan layak.

Terjemahannya:

Malioboro yang Indah

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm