5 Contoh Pidato Tentang Kepemimpinan, Singkat Tapi Memotivasi!

7 Maret 2023 15:25 WIB
Ilustrasi Contoh Pidato Tentang Kepemimpinan
Ilustrasi Contoh Pidato Tentang Kepemimpinan ( unsplash.com)

Sonora.ID – Ada berbagai tema yang bisa dibawakan saat menyampaikan pidato, seperti tentang orangtua, pendidikan, pergaulan bebas, hingga kepemimpinan.

Berikut beberapa contoh pidato tentang kepemimpinan yang singkat tapi dapat memotivasi siapapun yang mendengarkannya.

Menurut KBBI, pidato bisa diartikan sebagai sebuah ungkapan pikiran yang dituangkan ke dalam bentuk kata-kata atau bisa juga wacana yang ditunjukkan kepada khalayak luas.

Pidato harus disampaikan dengan semenarik mungkin agar pendengar tidak merasa bosan saat mendengarkannya.

Maka dari itu penyampaian isi teks pidato harus menggunakan bahasa yang baik, ringkas, dan mudah dimengerti sehingga bisa diterima oleh pendengar.

Baca Juga: Contoh Pidato Persuasif Tentang Lingkungan, Singkat, Tegas dan Lugas!

Berikut 5 contoh pidato tentang kepempinan yang singkat tapi memotivasi siapaun yang mendengarkannya.

Contoh 1

Assalamualaikum w.w.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah memberikan kesempatan kepada saya sehingga saya dapat berdiri di sini untuk menyampaikan pidato kepemimpinan.

Walau singkat, semoga apa yang saya sampaikan bisa mempunyai manfaat bagi kita semua.

Lewat kesempatan kali ini, saya hendak menyampaikan soal kepemimpinan. Jika pemimpin yang hebat sejatinya bisa lahir lewat kondisi-kondisi yang dapat diciptakan.

Kita sepakat jika manusia mempunyai potensi besar yang mampu menyelesaikan masalah.

Seorang calon pemimpin hebat secara naluriah akan ditempa oleh hal-hal berat yang nantinya akan mendorong ia menjadi pemimpin yang luar biasa.

Contoh terdekatnya, calon pemimpin hebat akan memilih jalur yang jarang diarungi oleh banyak orang yang biasanya lebih susah.

Semisal ia lebih memilih bangun pagi dari orang lain agar dapat lebih produktif dan mengerjakan banyak hal untuk mengembangkan diri.

Kemudian, alih-alih mengeluh dengan tanggung jawab yang diberikan, calon pemimpin akan berusaha keras menyelesaikan dengan baik setiap tanggung jawab yang diembannya.

Tak jarang pula seorang calon pemimpin mempunyai inisiatif yang tinggi dalam banyak hal, meski hal tersebut punya risiko besar.

Namun, meski tampak ambisius dan percaya diri, seorang pemimpin sejati haruslah rendah hati dan tak berjarak dengan banyak orang.

Cara agar ia bisa rendah hati dan hangat yaitu dengan rasa empati yang ia punya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm