Lewat Bimtek, Diskominfo Sulsel Optimalkan PPID Tingkat Desa/Kelurahan

10 Maret 2023 13:15 WIB
Plt Kadis Kominfo SP Sulsel, Sukarniaty Kondolele memberi sambutan mewakili Gubernur pada acara Bimbingan Teknis PPDK Tingkat Desa/Kelurahan
Plt Kadis Kominfo SP Sulsel, Sukarniaty Kondolele memberi sambutan mewakili Gubernur pada acara Bimbingan Teknis PPDK Tingkat Desa/Kelurahan ( Dok Humas Pemprov Sulsel)

Makassar, Sonora.ID - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Tingkat Desa/Kelurahan di Hotel Claro Makassar.

Kegiatan yang digelar selama dua hari yakni 8 sampai 9 Maret 2023 tersebut merupakan komitmen Pemprov Sulsel untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik secara merata di seluruh tingkat pemerintahan. Salah satunya dengan optimalisasi peran PPID desa/kelurahan.

Kegiatan itu dihadiri sebanyak 96 perwakilan desa dari 12 kabupaten/kota di Sulsel.

Plt Kepala Diskominfo-SP Sulsel, Sukarniaty Kondolele dalam sambutannya mewakili Gubernur menyampaikan, keterbukaan informasi publik merupakan salah satu pilar sebuah negara demokrasi. Oleh karena itu, keterbukaan informasi publik merupakan tuntutan yang tidak bisa ditawar-tawar. 

"Sekarang adalah zamannya teknologi yang serba tidak terbatas dan terbuka. Transparansi untuk segala penyelenggaraan pemerintahan di semua tataran, tidak hanya pemerintah pusat tetapi sampai ke pemerintah desa," ujar Sukarniaty.

Baca Juga: 45 Badan Publik di Jakarta Raih Anugerah Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik

Keterbukaan informasi publik, kata dia, bukan hal yang sulit, karena hal ini hanya membutuhkan komitmen dan implementasi yang akurat dari badan publik.

Lebih jauh, Sukarniaty berharap, melalui kegiatan bimtek tersebut para peserta dapat memperdalam, memahami dengan baik, serta mengenal peran PPID yang mereka miliki atau yang baru akan dibentuk.

Menurutnya, peran PPID pada tingkat desa/kelurahan dalam menghadapi tantangan pembangunan daerah yang semakin kompleks menjadi sangat penting.

"Sebagai pengelola informasi dan dokumentasi di level paling bawah, PPID desa/kelurahan memainkan peran yang sangat strategis dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan pembangunan daerah," jelasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut 192 peserta yang terdiri dari Kepala Desa, Lurah dan Pengelola PPID tingkat Desa/kelurahan. Selain itu, turut hadir Pejabat Administrator Lingkup Diskominfo-SP Prov. Sulsel, perwakilan Diskominfo Kabupaten/Kota se-Sulsel, serta perwakilan OPD Lingkup Pemprov Sulsel.

 Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm