Tahun 2023, Pemkab Deli Serdang Tetap Fokus Turunkan Angka Stunting

11 Maret 2023 09:25 WIB
Pemkab) Deli Serdang merupakan bagian tak terpisahkan dalam upaya mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).
Pemkab) Deli Serdang merupakan bagian tak terpisahkan dalam upaya mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). ( )

Deli Serdang, Sonora.ID Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang merupakan bagian tak terpisahkan dalam upaya mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

"Salah satu target yang ingin dicapai SDGs pada tahun 2030 adalah mengakhiri segala bentuk malnutrisi dengan menurunkan angka stunting," kata Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar ketika membuka Rembuk Stunting Kabupaten Deli Serdang Tahun 2023 di Aula Cendana, Lantai II, Kantor Bupati Deli Serdang, Kamis (9/3/2023).

Berdasarkan data Studi Status Gizi Indonesia (SSGI), pada tahun 2022, angka stunting Kabupaten Deli Serdang mengalami kenaikan sebesar 1,4 persen menjadi 13,9 persen.

"Penurunan angka stunting harus tetap menjadi prioritas sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan visi pembangunan Deli Serdang tahun 2019-2024, Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan," tegas Wabup.

Kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), Wabup menekankan agar lebih bekerja keras dan saling bekerjasama dalam penuntasan masalah stunting di Deli Serdang melalui program strategis yang terintegrasi.

Baca Juga: Kolaborasi Lintas Sektor Atasi Tingginya Prevalensi Stunting di Kalsel

Wabup menyebutkan, ada dua intervensi yang perlu dilakukan. Pertama, intervensi gizi spesifik untuk mengatasi penyebab langsung terjadinya stunting, seperti asupan makanan, infeksi, status gizi ibu, penyakit menular, dan kesehatan lingkungan, yang harus menjadi perhatian OPD yang menangani bidang kesehatan.

Kedua, intervensi sensitif mencakup peningkatan penyediaan air bersih dan sarana sanitasi, peningkatan akses dan kualitas pelayanan gizi dan kesehatan, peningkatan kesadaran, komitmen dan praktik pengasuhan gizi ibu dan anak serta peningkatan akses pangan bergizi dilaksanakan perangkat daerah yang membidangi perikanan, ketahanan pangan, perumahan dan permukiman rakyat, pendidikan, keluarga berencana, kependudukan, sosial, komunikasi dan informatika, pemberdayaan masyarakat desa serta perencanaan pembangunan.

Gerakan penurunan angka stunting adalah investasi masa depan untuk mencetak sumber daya manusia berkualitas, yang dapat menunjang kesuksesan pembangunan bangsa menuju Indonesia sejahtera, khususnya Kabupaten Deli Serdang.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan, Drs Citra Efendi Capah MSP dalam laporannya menjelaskan, dampak stunting bukan hanya urusan tinggi badan, tapi yang paling berbahaya adalah rendahnya kemampuan anak untuk belajar, keterbelakangan mental dan penyakit-penyakit kronis yang mudah masuk ke tubuh anak.

Rembuk stunting adalah satu langkah penting, yang harus dilakukan Pemkab Deli Serdang untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan. Intervensi pencegahan dan penurunan stunting yang dilakukan bersama-sama antara perangkat daerah penanggungjawab pelayanan kesehatan, sektor dan lembaga non pemerintah maupun masyarakat.

Ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting, yaitu perbaikan pola makan, pola asuh serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih. Pencegahan Stunting memerlukan intervensi gizi terpadu mencakup intervensi gizi spesifik dan sensitif.

Baca Juga: Bakal Punya Perda Penanganan Stunting, BKKBN Apresiasi DPRD Kalsel

Sebagai komitmen dalam melakukan percepatan penurunan angka stunting, maka Pemkab Deli Serdang melakukan delapan aksi percepatan penurunan stunting terintegrasi yang dilakukan setiap tahunnya.

Tujuan rembuk stunting adalah komitmen bersama antara upaya percepatan penurunan stunting dengan penanggulangan stunting di Kabupaten Deli Serdang. Kedua, rencana program/kegiatan serta kebutuhan pendanaan dalam percepatan penurunan stunting terintegrasi tahun 2023. "Dengan adanya rembuk stunting, maka integrasi lintas sektor dan lintas program dalam penanggulangan dini stunting dapat terlaksana," kata Plt Kadis Kesehatan.

 

Turut hadir secara virtual pada rembuk stunting tersebut, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Budiono Subambang, dan lainnya.

Hadir langsung di acara itu, Sekretaris  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatera Utara, Yusrizal Batu Bara; anggota DPRD Deli Serdang, Dra Hj Wastiana Harahap; Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang), Dr Ir Remus H Pardede MSI; Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (P3A-P2KB), Dr Dra Hj Miska Gewasari MM; Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Deli Serdang, H Surya Saputra; perwakilan TP PKK Deli Serdang, perwakilan Kodim 0204/DS; camat dan kepala desa serta Kepala Puskesmas se-Deli Serdang.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm