Kemenkumham Provinsi Riau Adakan Rapat Koordinasi MKNW, MPWN dan MPDN

13 Maret 2023 20:05 WIB
Kemenkumham Provinsi Riau Adakan Rapat Koordinasi MKNW, MPWN dan MPDN
Kemenkumham Provinsi Riau Adakan Rapat Koordinasi MKNW, MPWN dan MPDN ( Adi Candra)

Riau, Sonora.ID - Dalam meningkatkan Sinergitas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau dengan Majelis Kehormatan Notaris Wilayah (MKNW), Majelis Pengawas Wilayah Notaris (MPWN), dan Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN) Se Provinsi Riau mengadakan rapat koordinasi dalam rangka pembinaan dan pengawasan Notaris Yang lebih baik, pada Senin (13/3/2023).

Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Riau Mhd. Jahari Sitepu menyampaikan pentingnya peran lembaga pengawas notaris untuk di ketahui oleh khalayak, sehingga masyarakat yang akan melapor tindakan melanggar hukum yang di lakukan oleh notaris dapat tepat sasaran.

"Anggota majelis itu harus mempunyai kompetensi yang tinggi dalam melakukan pembinaan dan pemeriksaan terhadap notaris" ujar Jahari.

Sebagai anggota majelis, lanjut Jahari, harus mempunyai profesionalisme, tidak boleh ada keberpihakan kepada pelapor maupun terhadap terlapor.

Baca Juga: Hindari Kecurigaan, Pajak BPHTB di Banjarmasin Bisa Secara Online

"Oleh karena itu dalam segi pemeriksaan harus di uji terlebih dahulu latar belakang pelapor baik terlapor apakah ada hubungan kekeluargaan dengan tim pemeriksaan" ucap Jahari.

Mhd Jahari Sitepu mengungkapkan untuk notaris yang akan melakukan perpanjangan jabatannya harus di ajukan secara online melalui administrasi hukum umum (AHU) perpanjang notaris pada akun notaris.

"Pengajuan ini paling lambat dilakukan selama enam puluh hari sebelum notaris mencapai usia enam puluh lima tahun" jelasnya.

Pihaknya juga menegaskan untuk menindak lanjut terhadap notaris yang melakukan penyelewengan terhadap tugasnya.

"Oleh karena itu kepada seluruh MPW tolong notaris dibina, jika ada kesalahan cek kantor beroperasinya" tuturnya.

Baca Juga: Kakanwil Jamaruli: Peran Notaris Penting Sebagai Garda Terdepan Iklim Investasi

Ia menambahkan kantor wilayah akan melakukan pembaharuan data notaris antara Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum dan pengurus kantor wilayah notaris Indonesia untuk mensinkronisasikan data.

Ia juga berharap dengan adanya rapat koordinasi ini seluruh peserta yang hadir nantinya dapat membina seluruh notaris yang ada di daerah masing-masing agar dapat bekerja dengan sebaik-baiknya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm