DJP Riau Libatkan Bapenda Kota Pekanbaru dalam Meningkatkan Perpajakan

9 Maret 2023 18:23 WIB
Kanwil DJP Riau terus miningkatkan kolaborasi bersama pemerintah terkait dalam meningkatkan perpajakan di Provinsi Riau
Kanwil DJP Riau terus miningkatkan kolaborasi bersama pemerintah terkait dalam meningkatkan perpajakan di Provinsi Riau ( Smart FM Pekanbaru)

Pekanbaru, Sonora.ID - Kanwil DJP Riau terus miningkatkan kolaborasi bersama pemerintah terkait dalam meningkatkan perpajakan di provinsi Riau, salah satunya Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru.

Asprilantomiardiwidodo selaku Kabid P2 Humas Kanwil DJP Riau saat di tanya tim Smart FM Pekanbaru menyampaikan terdapat perbedaan antara pajak pusat dan pajak daerah.

“Untuk pajak yang yang di kelola oleh pusat itu ada beberapa seperti pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, pajak bumi dan bangunan dan ada juga bea matrai yang di dalamnya ada lambang negara kita yaitu burung garuda,” ujar Aspril (1/3/2023).

Namun berbeda dengan pajak yang dikelola oleh daerah baik itu kota/kabupaten, dengan adanya perbedaan tersebut maka dapat terjalin kolaborasi antara pengelola pajak pusat dan pajak daerah.

“Oleh Karena itu kita perlu kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, dalam mengumpulkan perpajakan, salah  satunya dalam pemadanan NIK menjadi NPWP” pungkasnya.

Baca Juga: Kanwil DJP Riau Reopening Kantor Pelayanan Pajak di MPP Pekanbaru: Kita Menyebutnya Layanan di Luar Kantor

Dalam kesempatan yang sama Alek Kurniawan selaku kepala bapenda kota Pekanbaru mengatakan terdapat sebelas sektor penyumbang pajak di kota Pekanbaru, beberapa di antaranya melebihi target yang telah di tentukan.

“Dari 11 objek pajak capaian kita itu di 718 miliar, dar bebrapa objek pajak 5 atau 6 capainnya itu lebih dari seratus persen, dan ada bebera objek pajak yang capaian belum seratus persen dan itu akan kita lakukan optimalisasi,” ucap Alek.

Ia menambahkan di dua bulan pertama di tahun 2023 pemerintah kota optimis capaiain perpajakan di triwulan satu akan mencapai seratus persen.

Lebih lanjut ia menyampaikan pemerintah juga terus memberikan kemudahan dalam memberikan layanan kepada masyarakat dengan membuka kantor layanan di Mall Pelayanan Publik kota Pekanbaru.

“Kita ada membuka layanan perpajakan di MPP Pekanbaru untuk mempermudah masyarakat karena ini berada di pusat kota, dan ada juga konter yang di sediakan di setiap kecamatan, dan bapenda juga membuka pelayanan perpajakan di area Car Free day setiap minggunya” pungkasnya. (Adi Candra)

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News

 

Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm