7 Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan yang Tidak Membosankan

16 Maret 2023 23:06 WIB
Ilustrasi Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan
Ilustrasi Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan ( unsplash.com)

Sonora.ID – Berikut contoh pidato singkat tentang pendidikan yang menarik dan tidak membosankan bagi pendengar.

Pidato pendidikan bisa kita dengan di berbagai acara formal. Namun menyampaikan sebuah materi pidato bukanlah hal yang mudah.

Suatu pidato bisa dikatakan sukses ketika orator berhasil memikat hati dan mempengaruhi audiens untuk turut mewujudkan gagasan, aspirasi atau ide yang disampaikan dalam pidato.

Nah, agar gagasan dalam pidato bisa tersampaikan dengan baik kepada audiens, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orator, seperti pemilihan ekspresi, posisi tubuh, intonasi suara, serta hal-hal lainnya.

Ketika hendak menyampaikan pidato, kamu juga harus benar-benar memahami topik dan materi teks pidato dengan melakukan riset secara mendalam dan memperkaya wawasan dan pengetahuan.

Baca Juga: 5 Contoh Pidato Tentang Kepemimpinan, Singkat Tapi Memotivasi!

Sebab, memahami materi pidato dapat membantu kamu tampil lebih percaya diri saat membawakan pidato.

Berikut 7 contoh pidato singkat tentang pendidikan yang tidak membosankan yang bisa kamu jadikan referensi.

Contoh 1

Selamat pagi hadirin sekalian,

Segala puji bagi Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan kita kesempatan untuk dapat berkumpul dalam keadaan sehat.

Hadirin yang berbahagia di hari ini saya akan menyampaikan beberapa patah kata mengenai pentingnya belajar atau mencari ilmu.

Ilmu sebagai suatu hal yang penting untuk manusia. Dengan adanya ilmu kemudian akan menjadikan kita lebih pintar dan ahli dalam banyak hal.

Ilmu juga akan membantumu dalam memecahkan berbagai persoalan hidup. Oleh karenanya jangan pernah membatasi diri saat mencari ilmu.

Kembangkan wawasanmu keluar batas kegiatan belajar mengajar di kelas. Kamu juga dapat mempelajari berbagai hal yang menunjang kehidupan seperti ilmu memasak, ilmu bercocok tanam, dan lain sebagainya. Luangkan juga untuk membaca buku, koran, internet atau majalah.

Hal seperti itu akan lebih baik jika dibandingkan membuang-buang waktu membuka hal yang sifatnya tidak terlalu penting di internet.

Apalagi jika kamu hanya sekadar mengamati serta menilai kehidupan orang lain. Selain itu, ilmu ini juga bisa kamu dapatkan dari diskusi bersama kerabat, teman, ataupun orang tua.

Terdapat banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari pengetahuan serta pengalaman orang lain.

Oleh sebab itu, manfaatkanlah waktu dengan sebaik-baiknya untuk menuntut ilmu. Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena melakukan hal yang sia-sia.

Sekian pidato ini saya sampaikan, mohon maaf apabila ada ucapan kurang berkenan. Terima kasih banyak atas perhatian hadirin sekalian.

Contoh 2

Selamat siang hadirin semua.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji serta syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sebab pada hari ini kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun berkat karunia serta nikmat-Nya.

Pada hari ini saya akan menyampaikan pidato singkat mengenai pendidikan karakter. Semoga apa yang akan saya sampaikan ini kemudian akan memberikan manfaat bagi kita semua.

Hadirin sekalian, saat ini generasi muda tengah menghadapi berbagai persoalan serius, yaitu menurunnya nilai moral serta karakter.

Para generasi muda saat ini mudah terpengaruh oleh gaya hidup hedonis serta mengabaikan berbagai nilai-nilai maupun norma yang ada di masyarakat.

Selain itu, menurut BNN, pengguna narkoba dari golongan remaja pada tahun 2019 mencapai 4,3 juta jiwa.

Bahkan setiap 7 menit ada satu orang yang meninggal dunia akibat penggunaan obat terlarang.

Melihat fenomena ini, tentu timbulah pertanyaan mengenai di mana peran pendidikan sekolah, guru, serta orangtua.

Mengapa para remaja kemudian dapat terjerumus ke gaya hidup bebas yang tak sesuai dengan nilai dan norma masyarakat ataupun agama?

Setelah diteliti lebih lanjut ternyata hal ini dikarenakan lemahnya pendidikan karakter di Indonesia.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm