Kunjungi Australia, Gubernur Jajaki Kerjasama Bidang Pendidikan Hingga Energi Terbarukan

17 Maret 2023 15:50 WIB
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat kunjungan kerja di Australia
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat kunjungan kerja di Australia ( Dok Humas Pemprov Sulsel)

Makassar,Sonora.ID - Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman baru-baru ini bertolak ke Australia dalam rangka menindak lanjuti kunjungan Perdana Menteri Anthony Albanese MP tahun lalu. Pertemuan difasilitasi oleh Australian Indonesian Business Council (AIBC) and the Australia Indonesia Centre (AIC). Andi Sudirman mengatakan, kunjungannya ke Australia bertujuan melihat peluang kerjasama dalam berbagai sektor, khususnya di Negara Bagian Victoria.

Dalam pemaparannya, Andi Sudirman menyampaikan sejumlah potensi bisnis di Sulawesi Selatan. Ia pun mendorong keterlibatan investor dalam mengembangkan potensi tersebut.
Apalagi, hubungan Sulawesi Selatan dan Australia telah lama terjalin. Sehingga melalui kunjungannya, ia berharap semakin memperkuat kerjasama tersebut.

" Para investor diharapkan keterlibatannya dalam mengembangkan potensi tersebut sebagai sebuah aktivitas ekonomi yang menjanjikan dan memberikan kemanfaatan buat masyarakat dan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Selatan," ujar Andi Sudirman.

Sudirman juga melaporkan sejumlah upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi dalam mendukung perkembangan transportasi, pertanian, peternakan, energi terbarukan dan destinasi pariwisata di Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Ketua AIBC Victoria, Garry Embleton dalam sambutannya mengatakan, pertemuan kali ini sangat penting karena nantinya pembangunan dan investasi akan merata. Tidak lagi berpusat pada kota-kota besar di Jawa dan Sumatera.

Senada dengan hal tersebut, Helen Fletcher Kenedy dari the AIC yang beberapa tahun belakangan ini banyak melakukan penelitian di Wilayah Timur Indonesia, khususnya Sulawesi Selatan.

Helen mengapresiasi pertemuan tersebut sebagai salah satu tindaklanjut dari rekomendasi hasil penelitian mereka. Utamanya yang berkenaan dengan pengembangan sistem transportasi (rel kereta api) dan moda transportasi lainnya di Sulawesi Selatan dan Metropolitan Mamminasata, pengembangan industri yang berbasis potensi kelautan, pariwisata, energi terbarukan (wind power). Dibahas pula terkait pengembangan sejumlah potensi perekonomian di Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Wajo, Kabupaten Maros dan Kabupaten Bantaeng serta Kabupaten Takalar.

Baca Juga: Naik Signifikan, Mandiri Benih Dongkrak Produksi Padi di Bone

Dalam kunjungan tersebut, Andi Sudirman bersama rombongan juga melihat lebih jauh sumber daya manusia di Negara Bagian Victoria. Terutama bagaimana memiliki daya saing dan kesiapan mereka berpartisipasi dalam pasar kerja, dunia usaha dan dunia industri di Victoria.

Gubernur bersama rombongan juga mengunjungi The Gordon TAFE yang terletak di Kota Geelong sekitar 43 Km dari Kota Melbourne. Di Kampus TAFE ini Kepala Pusat pengajaran dan pendidikan Kristen Grasso menjelaskan, upaya akselerasi peningkatan kompetensi kejuruan peserta didik melalui program sertifikat II dan Sertifikat III pada pendidikan menengah di Victoria. Hal ini, sebelum mereka melanjutkan jenjang sarjana sehingga durasi pendidikan kesarjanaan strata satu dapat dipersingkat waktunya.

Gubernur dan delegasi sangat terkesan dengan sistem pendidikan di the Gordon TAFE ini, tidak hanya bagaimana guru-guru mereka direkrut dari dunia kerja/industri sehingga keterampilan siswa senantias sesuai dan faktual dengan kebutuhan Industri.

Secara khusus Gubernur juga memerintahkan Kadisdik Provinsi Sulsel untuk menindaklanjuti hasil pertemuan dengan mengembangan model akslerasi pembelajaran vokasional di SMK bekerjasama dengan the Gordon TAFE.

Mengakhiri kunjungan kerja di hari kedua, Sudirman beserta rombongan juga meninjau Solar Panel Plant (pembangkit listrik tenaga matahari) berbasis riset yang dikembangkan oleh Deakin University sebagai sebuah alternatif energi terbarukan.

Baca Juga: Indonesia-Inggris Jajaki Peluang Kerja Sama Pendidikan Tinggi

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm