Indonesia-Inggris Jajaki Peluang Kerja Sama Pendidikan Tinggi

4 Desember 2022 09:05 WIB
Pemerintah Indonesia dan Inggris melakukan penjajakan untuk mempererat kerja sama di bidang pendidikan tinggi.
Pemerintah Indonesia dan Inggris melakukan penjajakan untuk mempererat kerja sama di bidang pendidikan tinggi. ( )

Sonora.ID - Pemerintah Indonesia dan Inggris melakukan penjajakan untuk mempererat kerja sama di bidang pendidikan tinggi.

Pertemuan delegasi kedua negara dihadiri oleh 15 perguruan tinggi Indonesia dan 13 perguruan tinggi Inggris.

Kedua belah pihak berencana untuk memperkuat kolaborasi dan kemitraan antarinstitusi pendidikan tinggi di Indonesia dan Inggris melalui berbagai program seperti pertukaran mahasiswa dan dosen, penelitian bersama, dan program kolaborasi lainnya.

Pelaksana tugas (Plt.) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nizam menyampaikan beberapa kerja sama telah dilakukan oleh Indonesia dengan Inggris.

Dalam program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan IISMA for Vocational (IISMAVO), Inggris menjadi mitra penting sebagai negara tujuan mahasiswa untuk belajar selama satu semester di beberapa universitas seperti Cardiff and Vale College, City of Glasgow Collage, Coventry University, dan Oxford EMI.

Baca Juga: Kedaireka Hadirkan RekaPreneur Pertama di Makassar

“Saya harap pihak Inggris juga melakukan hal yang sama dengan program pertukaran pelajar Inggris ke Indonesia untuk belajar beragam kebudayaan, situasi ekonomi, dan melihat keindahan Indonesia,” harap Nizam dalam acara UK-Indonesia Higher Education Roundtable Discussion, yang digelar Kamis (1/12).

Selain itu, dalam hal penelitian, Indonesia membuka peluang kerja sama melalui program Matching Fund yang digagas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nizam berharap lewat program ini dapat mempercepat kolaborasi di bidang penelitian.

Selain itu juga untuk mendukung program Kampus Merdeka yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam mengembangkan minatnya khususnya pada mata kuliah pilihan terbuka lebar untuk pendidikan transnasional.

"Dengan demikian, akan memungkinkan terciptanya joint courses, joint degree, dan kerja sama akademik lainnya," ucap Nizam.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm