Upaya yang Harus Dilakukan untuk Menyelesaikan Permasalahan Sosial Budaya

17 Maret 2023 16:30 WIB
Ilustrasi upaya yang harus dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan sosial budaya.
Ilustrasi upaya yang harus dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan sosial budaya. ( pixabay)

Sonora.ID - Berikut adalah paparan mengenai beberapa upaya yang harus dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan sosial budaya.

Di dalam menjalani kehidupan bermasyarakat sehari-hari, permasalahan sosial budaya tak ubahnya seperti keniscayaan yang pasti terjadi.
 
Dalam kasus riilnya, beberapa contoh permasalahan sosial budaya yang sering kita temui antara lain adalah kemiskinan, kenakalan remaja, konflik antarsuku, diskriminasi, gender, pernikahan dini, perceraian, dan eksploitasi lingkungan.
 
Bagi kita, hal-hal semacam itu adalah konsekuensi dari adanya kehidupan manusia yang dinamis dan terus berkembang.
 
Di samping itu, permasalahan sosial budaya juga merupakan konsekuensi logis dari adanya perbedaan karakteristik individu.
 
Meski sebuah keniscayaan, permasalahan sosial budaya tetap tak boleh dibiarkan begitu saja, namun mesti direspons dengan usaha penyelesaian yang tepat.
 
Apabila dibiarkan untuk waktu yang lama, hal tersebut dapat memberi dampak bagi makin buruknya keharmonisan dan kesejahteraan masyarakat, sehingga keseimbangan kehidupan sosial pun bakal terganggu.
 
Untuk itu, sebagai bahan belajar dan diskusi, di dalam artikel ini Sonora hendak memaparkan beberapa upaya yang harus dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan sosial budaya.
 
Untuk tahu lebih jauh, simak paparan soal upaya yang harus dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan sosial budaya yang dikutip Sonora dari Grid.id berikut ini.
 
Upaya yang Harus Dilakukan untuk Menyelesaikan Permasalahan Sosial Budaya
 
1. Pendidikan dan Penyuluhan

Upaya pertama yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan sosial budaya ialah melalui pendidikan dan penyuluhan.

Dalam hal ini, pendidikan dan penyuluhan harus dilakukan secara masif dan berkelanjutan.

Kedua hal tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman yang tepat dan benar kepada masyarakat tentang permasalahan sosial budaya yang sedang terjadi.

Dengan pemahaman yang tepat, masyarakat akan lebih mudah untuk memahami sekaligus mengatasi pelbagai permasalahan sosial budaya yang terjadi.

2. Mengembangkan Keterampilan Sosial

Upaya kedua yang harus dilakukan adalah mengembangkan keterampilan sosial.

Sebagaimana yang kita tahu, keterampilan sosial diperlukan untuk mengatasi permasalahan sosial budaya yang sedang terjadi.

Baca Juga: 5 Contoh Globalisasi di Bidang Ekonomi yang Berdampak ke Kehidupan Masyarakat

Dalam hal ini, masyarakat harus mampu membangun interaksi yang positif dan saling menghormati satu sama lain.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm