Apa Maksud Beriman Kepada Allah Melalui Alam Semesta? Materi PAI Kelas 4

20 Maret 2023 16:45 WIB
Apa maksud beriman kepada Allah SWT melalui alam semesta?
Apa maksud beriman kepada Allah SWT melalui alam semesta? ( Pexels)

Sonora.ID - Menukil dari buku Pasti Bisa: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, kata iman berasal dari bahasa Arab, yakni aamana-yu’minu, yaitu saddaqa-yusaddiqu, yaitu percaya.

Iman kepada Allah SWT memiliki arti percaya atau membenarkan bahwa Allah SWT itu ada; bahwa Dia satu-satunya Zat yang Menciptakan; bahwa Dia satu-satunya Zat yang patut disembah; dan bahwa Dia juga memiliki sifat-sifat kesempurnaan dan nama-nama yang indah atau Asmaul Husna.

Ada tiga unsur dalam keimanan, yakni keyakinan dengan hati, pernyataan dengan lisan, dan pembuktian dengan amal perbuatan.

Keimanan seseorang pun bersifat fluktuatif. Keimanan seseorang dapat bertambah dengan melakukan banyak amal saleh, namun juga dapat berkurang jika melakukan banyak perbuatan dosa.

Lantas bagaimana caranya kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT bisa mengenal-Nya? Kita dapat mengenal Allah SWT melalui alam semesta, Al-Qur’an, dan Asmaul Husna.

Dalam artikel ini pun kita akan secara khusus mempelajari mengenai apa yang dimaksud dengan beriman kepada Allah SWT melalui alam semesta?

Baca Juga: Contoh Soal PAS PAI Kelas 4 SD Lengkap dengan Kunci Jawabannya

Mengenal Allah SWT Melalui Alam Semesta

Mengutip dari Modul PAI dan Budi Pekerti, adanya alam semesta termasuk bumi merupakan bukti adanya Tuhan.

Alam semesta dengan isinya berupa segala benda baik yang bergerak maupun tidak bergerak, benda yang tumbuh dan bernapas merupakan ciptaan Allah SWT.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm