Nyalakan Magelang, Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng Kembali Menyapa Menyuarakan Semangat Persatuan

21 Maret 2023 11:48 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Paranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Paranowo ( Harian Kompas)

Magelang, Sonora.Id - Magelang, Jawa Tengah, adalah kota dengan potensi destinasi wisata yang begitu besar, baik bagi turis lokal maupun mancanegara. Lewat Borobudur Marathon Menyapa, berbagai bentuk kebudayaan akan diperkenalkan ke publik. Semangat persatuan tidak akan luput dari kolaborasi yang terjalin antarmasyarakat menjadi poin yang ingin ditonjolkan. Terdapat pagelaran seni yang dilaksanakan dalam bentuk parade.

Borobudur Marathon Menyapa juga akan mengumumkan tanggal dan rangkaian kegiatan Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng. Tahun 2022 menjadi tahun para pelari berhasil melewati berbagai rintangan. Ketangguhan dan kegigihan mereka terbukti sebagai pejuang dan mencapai kemenangannya masing-masing. Tahun 2023 merupakan saatnya kita untuk bersatu, berlari bersama-sama menyuarakan semangat kemenangan, dan saling menginspirasi dalam satu kesatuan “Voice Of Unity”.

Sapaan ini akan sekaligus menjadi konferensi pers yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 18 Maret 2023, Pintu 3 TWCB (Taman Wisata Candi Borobudur). Acara ini merupakan kerja sama dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Bank Jateng, Harian Kompas, dan Yayasan Borobudur Marathon. Dalam Borobudur Marathon Menyapa Magelang ini akan ada lima rangkaian acara menarik, yaitu parade kesenian dan tumpeng, konferensi pers, “Nyalakan Magelang” yang sekaligus menjadi proses seremoni, pengumuman pemenang parade, dan entertainment.

Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng telah menjadi ajang ikonik di Jawa Tengah secara khusus di Magelang. Tahun ini, Borobudur Marathon Menyapa akan diisi oleh empat narasumber, yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, dan Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An. Selain itu, akan diundang narasumber tamu yang berasal dari perwakilan masyarakat Magelang.

Sejak awal, acara ini dirancang untuk membangkitkan semangat wisata olahraga atau sport tourism di kawasan Magelang dan dapat tersebar hingga Jawa Tengah dan sekitarnya. Gelaran ini mengangkat tema “Voice of Unity” sebagai bentuk menyuarakan semangat persatuan di Magelang dan sekitarnya. Hal ini disampaikan oleh Ganjar Pranowo pada peluncuran Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng.

“Sekarang, saatnya kita bersatu untuk juga mengulurkan tangan ke kanan-kiri, bersama-sama saling berlari dan terus menginspirasi untuk menang. Oleh karena itu, ‘Voice of Unity’ menggambarkan bagaimana pelari, stakeholder, dan masyarakat bersatu untuk menyuarakan semangat kemenangan, dan saling menginspirasi dengan suara-suara positif dalam satu kesatuan di Borobudur Marathon,” ujar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dalam rangkaian pre-event Borobudur Marathon membawa Bank Jateng Pawone ke 10 kota melalui Bank Jateng Friendship Run dengan tujuan untuk menginspirasikan dan mempromosikan Magelang.

“Bank Jateng dengan 10 ribu pelari membawa dampak perekonomian lebih besar pascapandemi. Program Bank Jateng Pawone akan mengajak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengoptimalisasikan produk serta mengedukasi pelaku UMKM untuk melakukan literasi keuangan sehingga pengembangan potensi ekonomi dapat terjadi dan berjalan secara optimal,” ujar Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno.

Tahun ini, Bank Jateng Friendship Run akan menyapa Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Banjarmasin, Medan, dan Palembang. The Tour juga akan kembali hadir bersama sejumlah komunitas di 10 kota bersamaan dengan dilaksanakannya The Tour dan Bank Jateng Friendship Run.

Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo mengatakan, pada 2023, Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng akan dilaksanakan satu hari dengan beberapa kategori, yaitu marathon, half marathon, dan 10K kepada pihak umum nasional dan internasional. Lalu, rangkaian program Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng akan terdiri atas Bank Jateng Friendship Run 10 Kota, The Tour, Bank Jateng Pawone, dan Race Day.

Dari segi wisata olahraga, kawasan yang dipilih telah memiliki daya tarik wisata tersendiri, pelari akan mulai berlari dari kawasan Candi Borobudur kemudian mulai berlari melewati desa dan sekolah dengan cheering yang meriah dari warga desa dan siswa-siswi hingga garis finis. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.