Pengertian Teks Anekdot: Ciri-Ciri, Tujuan, Struktur, dan Contoh

23 Maret 2023 20:05 WIB
Pengertian Teks Anekdot: Ciri-Ciri, Tujuan, Struktur, dan Contoh.
Pengertian Teks Anekdot: Ciri-Ciri, Tujuan, Struktur, dan Contoh. ( Sonora.ID/Nisa Rahmia)

Sonora.ID - Mari simak penjelasan tentang pengertian teks anetdot beserta ciri-ciri, tujuan, struktur, dan contohnya berikut ini.

Dilansir dari laman Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring yang dilansir pada Kamis (23/3/2023), anekdot merupakan cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya.

Taufiqur Rahman (2018) dalam buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan, menjelaskan bahwa teks anekdot adalah cerita singkat yang di dalamnya mengandung unsur lucu dan mempunyai maksud untuk melakukan kritik.

Dari paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian teks anekdot yakni cerita singkat atau esai yang di dalamnya mengandung unsur lucu dengan tujuan untuk mengkritik.

Baca Juga: 10 Contoh Teks Anekdot Sindiran Lucu yang Singkat Tapi Menohok!

Ciri-Ciri Teks Anekdot

Adapun sejumlah ciri dari teks anekdot yang membedakannya dari teks lain dikutip dari Gramedia di antaranya:

  1. Teks anekdot ditandai dengan kemampuannya untuk menghibur dan menyebabkan tawa. Ini menunjukkan bahwa teks anekdot berisi banyak kisah lucu atau humor.
  2. Teks anekdot mempunyai sifat yang menggelitik, yang berarti bahwa setiap orang yang membacanya akan merasa terhibur dengan kisah lucu yang terdapat di dalamnya. Sebab, setiap cerita lucu dapat membuat pembaca merasa terhibur.
  3. Teks anekdot cenderung bersifat menyindir, sehingga beberapa kisah di dalamnya sering dipakai sebagai media untuk menyindir orang atau kelompok tertentu. Karena itu, teks anekdot seringkali dianggap sebagai media kritik terhadap peristiwa atau hal-hal yang sedang terjadi.
  4. Teks anekdot mungkin mengangkat tokoh-tokoh penting, karena tidak ada aturan ketat untuk membuatnya. Hal ini membuat teks anekdot sering digunakan untuk membahas orang-orang penting.
  5. Teks anekdot mempunyai tujuan tertentu, dan lebih fleksibel dalam pembentukannya dibandingkan dengan teks lainnya. Dengan begitu, penulis dapat memiliki sudut pandang yang lebih luas dan menghasilkan teks anekdot dengan kualitas yang maksimal.
  6. Kisah dalam teks anekdot mirip dengan dongeng, yaitu penulis membuat cerita yang sebenarnya berhubungan dengan kehidupan saat ini.
  7. Teks anekdot biasanya menceritakan karakter hewan dan manusia yang terhubung secara umum dan realistis.

Tujuan Teks Anekdot

Tujuan dari teks anekdot adalah untuk mengkritik. Namun terdapat beberapa tujuan lain yakni sebagai berikut.

  • Membangktikan tawa pembaca
  • Sebagai sarana hiburan
  • Sebagai saran untuk mengkritik

Struktur Teks Anekdot

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.