Diskominfo Kalimantan Barat Perkuat SDM Pengelola Website Pemerintah

24 Maret 2023 13:52 WIB
Peserta kegiatan Workshop Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia di Bidang Komunikasi Publik dengan  tema “Pengelolaan Website Instansi Pemerintah”, di Golden Tulip Pontianak, Selasa (22/3/2023).
Peserta kegiatan Workshop Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia di Bidang Komunikasi Publik dengan tema “Pengelolaan Website Instansi Pemerintah”, di Golden Tulip Pontianak, Selasa (22/3/2023). ( William)

Pontianak, Sonora.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat mengadakan kegiatan Workshop Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia di Bidang Komunikasi Publik dengan mengusung tema “Pengelolaan Website Instansi Pemerintah”, di Golden Tulip Pontianak, Selasa (22/3/2023).

Kegiatan ini diharapkan dapat menguatkan kapasitas pengelola website pada  masing – masing perangkat daerah sehingga website Pemerintah Provinsi Kalbar dapat lebih informatif.

Kemudian juga sebagai sarana media informasi yang mudah diakses masyarakat dalam rangka mencari informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan maupun sarana masukan dan kritik yang ingin disampaikan melalui media informasi website Pemprov Kalbar. 

“Harapannya ke depan, kita harus semakin banyak melakukan penguatan kapasitas sehingga SDM – SDM yang ada di Pemprov Kalbar lebih masiv dalam rangka mempublikasikan hasil - hasil kegiatan dan capaian - capaian positif pemerintah yang telah berhasil dicapai sehingga dapat diketahui oleh masyarakat, “ tegas D. Zamroni, S.STP., M.Si., PLH Kepala Dinas Kominfo Kalbar, yang turut hadir pada acara tersebut.

Satu diantara peserta dalam workshop tersebut, Agung Isnu Pradjoko, ST. MT ., menyampaikan bahwa Kabupaten Kayong Utara sudah menjalankan penyebarluasan informasi melalui website milik pemerintah khususnya website yang ada di masing – masing SKPD.

“Adapun web kami yang ada di Kominfo yaitu Media Center kayongutarakab.go.id, “ tambah Agung, yang menjabat sebagai Pranata Humas, Diskominfo Kabupaten Kayong Utara.  

Baca Juga: Diskominfo PPU Gelar Pelatihan Pembuatan Infografis Bagi Admin Media OPD PPU

Dirinya menilai dengan adanya kegiatan ini, kebijakan - kebijakan pemerintah dapat disebarluaskan dengan cepat, akurat, dan tepat sasaran, sehingga informasi yang hoax yang beredar di masyarakat dapat dicegah dengan informasi yang dikeluarkan langsung oleh pemerintah, dan akhirnya masyarakat yang menerima dapat memilah dan memilih berbagai macam informasinya.

Sementara itu narasumber pada kegiatan workshop tersebut, Nurul Hidayah Putri berpendapat bahwa dalam membuat materi website baik konten atau berita harus mencoba berpikir “Out Of The Box”.

“Kita coba untuk Out Of The Box berpikir dalam membuat materi konten atau pemberitaan di website, dimana kita coba mendengar apa yang ada di sekeliling kita, informasi apa yang dibutuhkan atau diinginkan oleh masyarakat, “ ungkap Nurul, yang merupakan Analis kebijakan Ahli Muda / Ketua Tim Kemitraan Komunikasi Pemerintah Daerah.

Dirinya menginginkan adanya kolaborasi dalam pembuatan berita atau konten pemerintah, bagaimana pemerintah bersama – sama dengan masyarakat baik dari komunitas pemuda atau komunitas ibu – ibu, membuat konten seperti informasi tentang keadan sekitar, kebijakan pemerintah atau apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah sehingga masyarakat mengetahui apa yang dilakukan atau dikerjakan oleh pemerintah. 

“Kita harus jeli dengan melihat apa yang sedang tren di media sosial, konten bukan berasal dari pemerintah sendiri tapi memang dibutuhkan oleh masyarakat, “ tandasnya.

Di waktu yang sama, Zulkarnain, S. Kom., fungsional pranata komputer ahli pertama, yang juga merupakan peserta pada kegiatan workshop tersebut mengharapkan kegiatan ini bisa berdampak positif bagi pengelola website yang ada di pemerintahan.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Baca Juga: Lewat Bimtek, Diskominfo Sulsel Optimalkan PPID Tingkat Desa/Kelurahan

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm