Perayaan Nyepi Masyarakat Hindu di Makassar

24 Maret 2023 15:14 WIB
Perayaan Nyepi  Masyarakat Hindu di Makassar
Perayaan Nyepi Masyarakat Hindu di Makassar ( Smartfm Makassar)


Umat Hindu di Makassar menggelar rangkaian pecaruan dan persembahyangan dalam rangka Hari raya Nyepi Tahun Baru Saka. Salah satunya persembahyangan bersama upacara Tawur Agung Kesanga (satu hari sebelum nyepi) di Pura Giri Natha Makassar.


Salah satu Tokoh agama dari maryakat Hindu di Makassar , I Nyoman Supartha menjelaskan sebelum perayaan Nyepi oleh seluruh umat Hindu juga dilakukan upacara Melasti bertempat di pantai Akkarena Makassar. Selanjutnya melakukan CATUR B RATA PENYEPIAN, yaitu empat pantangan yang wajib dilaksanakan dan mesti dipatuhi pada hari suci Nyepi, yakni
1. Tidak berkegiatan dan bekerja (amati karya),
2. Tidak menyalakan lampu dan api (amati geni),
3. Tidak berpergian (amati lelungan) dan,
4. Tidak mengadakan hura-hura (amati lelanguan).

Menurut I Nyoman Supartha tujuan mengadakan catur brata penyepian untuk pengendalian, instrospeksi, kontemplasi diri atau mulat sarira.

Amati Karya adalah pantangan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, baik di luar atau di dalam rumah selama Nyepi berlangsung. Dalam hening, umat Hindu dapat melakukan perenungan dan introspeksi diri atas segala tindakan kurang baik atau kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan selama ini.

Amati Geni adalah pantangan untuk menyalakan api, lampu, dan benda elektronik lainnya. Hal tersebut ditujukan sebagai bentuk simbolis dalam melawan hawa nafsu duniawi. Sebenarnya simbol api sendiri dikaitkan dengan yang ada pada dalam diri, seperti kemarahan, iri hati dan fikiran yang tidak baik.

Amati Lelungan adalah pantangan untuk tidak keluar rumah atau bepergian. Bertujuan agar alam akan tenang dari gangguan hidup manusia yang sehari-hari merusak bumi ini. Hal ini juga merupakan bentuk permohonan maaf terhadap bumi karena tanpa adanya alam manusia tidak akan bisa hidup.

Amati Lelanguan adalah pantangan untuk tidak bersenang-senang, termasuk menikmati hiburan misalnya nonton TV dan atau hiburan di dunia medsos.

Catur Brata Penyepian ini dilaksanakan seharian alias selama 24 jam, mulai pukul 06.00 sampai jam 06.00 esok harinya. Adapun hal yang harus dilakukan umat Hindu selama Nyepi adalah berdiam diri, meditasi, dan merenung.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.