5 Makna Konferensi Meja Bundar Bagi Bangsa Indonesia

28 Maret 2023 11:10 WIB
ilustrasi Makna Konferensi Meja Bundar Bagi Bangsa Indonesia
ilustrasi Makna Konferensi Meja Bundar Bagi Bangsa Indonesia ( kompas.com)

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang apa saja yang menjadi makna konferensi meja bundar bagi bangsa indonesia.

Konferensi Meja Bundar adalah sebuah pertemuan penting yang terjadi pada tanggal 23 Agustus - 2 November 1949, yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan mengenai masa depan Indonesia sebagai sebuah negara.

Konferensi ini melibatkan delegasi dari berbagai kelompok politik dan etnis di Indonesia, serta perwakilan dari Belanda, yang merupakan kekuatan kolonial yang menguasai Indonesia pada saat itu.

Konferensi Meja Bundar memiliki makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia.

Lantas apa saja yang menjadi makna konferensi meja bundar bagi bangsa indonesia tersebut? Simak ulasannya berikut ini:

Baca Juga: 50 Contoh Soal Ujian Sekolah Sejarah Indonesia Kelas 12 dan Jawabannya

  1. Mencapai Kesepakatan tentang Kemerdekaan Indonesia

Makna pertama dari Konferensi Meja Bundar adalah bahwa pertemuan ini berhasil mencapai kesepakatan tentang kemerdekaan Indonesia. Setelah berlangsungnya perang kemerdekaan selama 4 tahun, Konferensi Meja Bundar menjadi wadah untuk mengakhiri perjuangan tersebut. Melalui perundingan yang cukup panjang dan sulit, delegasi Indonesia dan Belanda akhirnya mencapai kesepakatan untuk mengakui Indonesia sebagai negara merdeka.

  1. Menetapkan Batas Wilayah Indonesia

Makna kedua dari Konferensi Meja Bundar adalah menetapkan batas wilayah Indonesia. Selama masa kolonial, Belanda telah menguasai banyak wilayah di Indonesia, termasuk wilayah-wilayah yang dianggap sebagai bagian dari Indonesia saat ini. Dalam Konferensi Meja Bundar, delegasi dari Indonesia dan Belanda berhasil menetapkan batas-batas wilayah Indonesia yang sah secara internasional.

Baca Juga: Pithecanthropus Erectus: Sejarah Penemuan, Ciri-Ciri, dan Kontroversi

  1. Menjalin Hubungan Diplomatik dengan Negara Asing

Makna ketiga dari Konferensi Meja Bundar adalah membuka jalan bagi Indonesia untuk menjalin hubungan diplomatik dengan negara asing. Sebelumnya, Indonesia tidak diakui sebagai sebuah negara yang merdeka dan berdaulat. Dengan diakui sebagai negara yang merdeka di Konferensi Meja Bundar, Indonesia bisa menjalin hubungan diplomatik dengan negara-negara lain, memperluas hubungan ekonomi, sosial, dan politik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm