Gelar Gladi Bersih, TNI AU Siap Laksanakan Upacara Peringatan Hari Jadinya ke 77

7 April 2023 07:55 WIB
Gambar: Sejumlah Jet Tempur milik TNI AU membentuk formasi angka 77 dalam Gladi Bersih Menjelang HUT TNI AU ke 77 di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur (6/4/2023).
Gambar: Sejumlah Jet Tempur milik TNI AU membentuk formasi angka 77 dalam Gladi Bersih Menjelang HUT TNI AU ke 77 di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur (6/4/2023). ( )

Sonora.ID - TNI AU telah menyelesaikan segala persiapan atau gladi bersih untuk menggelar rangkaian Hari Peringatan TNI AU ke 77 di kawasan Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis (6/4/2023).
 
Dengan melakukan berbagai persiapan TNI AU siap menyambut hari jadinya ke-77. 
 
"Syukur alhamdulilah (gladi bersih) telah terlaksana dengan baik meskipun kami akan perbaiki lagi supaya lebh baik lagi", ucap Kepala Staf AU, Marsekal Fadjar Prasetyo, usai menggelar gladi bersih kepada awak media.
 
Adapun Hari Peringatan TNI AU ke-77 akan digelar pada hari Minggu, (9/2023) di Lanud Halim Perdana Kusuma.
 
Pada peringatan hari jadinya,  tahun ini TNI AU mengambil tema: Profesional, Tangguh dan Modern sebagai Angkatan Udara yang Disegani di Kawasan. 
 
"Upacara ini sengaja digelar dengan cukup besar mengingat HUT kali ini jatuh pada ke-77 tahun di mana kita menilai bahwa cukup panjang perjalanan pembangunan TNI AU", sambung Fadjar.
 
Baca Juga: TNI AU Kirim 6 Penerbang Dan 8 Teknisi Ke Prancis Latihan Sebagai Pilot Maupun Teknisi Pesawat Jet Tempur Dassault Rafale

Dalam Gladi bersih yang di gelar di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur hari ini, TNI AU melibatkan sedikitnya 3.300 prajurit TNI AU dan 82 pesawat dari berbagai unsur serta puluhan alutsista yang dimiliki oleh TNI AU. 

Dan yang tak kalah menarik adalah dalam rangakaian upacara kali ini, puluhan  pesawat milik TNI AU dari berbagai unsur yang meliputi pesawat tempur, transportasi dan helikopter akan dilibatkan untuk melakukan sejumlah demonstrasi terbang dan atraksi manuver menegangkan serta memperlihatkan kehebatan para prajurit TNI AU penjaga langit dirgantara Indonesia. 
 
Selain itu, TNI AU dari pasukan Kopasgat akan menampilkan demonstrasi terjun payung dengan membawa bendera raksasa serta kemampuan hebat pasukan Kopasgat dengan mensimulasikan pertempuran udara serta pertempuran darat.
 
Dengan ditampilkannya berbagai alutsista TNI AU pada peringatan Hari Jadi Angkatan Udara ke 77 pada tahun ini, merupakan salah satu bentuk pertanggung jawaban TNI AU kepada rakyat Indonesia dalam menjaga keutuhan NKRI.
 
"Memang tujuan upacara ini adalah salah satu bentuk dari pertanggung jawaban TNI AU kepada rakyat dan bangsa Indonesia", pungkas Fadjar.
 
Baca Juga: Penerbang TNI AU Latihan ACT bersama Penerbang RAAF & RSAF

Dalam rangkain upacara HUT TNI ke 77, masyarakat dapat menyaksikan secara langsung berbagai kemampuan alutsista dan sejumlah demonstrasi kemampuan prajurit TNI AU di Lanud Halim Perdana Kusuma pada Minggu, (9/4/2023) sebelum pkl. 08.00 WIB.

Masyarakat yang hadir juga disediakan mobil penjemput dari kantong parkir yang tersedia menuju lokasi upacara.
 
"Jadi mulai hari ini sudah diumumkan, masyarakat di sekitar Jakarta dan Jabodetabek bisa datang ke sini (Halim). Kita ada beberapa titik masuk, ada yang dari Cawang, Pondok Gede, ada dari Kalimalang. Nanti disiapkan titik-titik parkir dan kita siapkan shuttle (Trans Halim), kata Kadispen AU, Marsma Indan Gilang Buldansyah. 
 
Sebagai informasi, nantinya Panglima TNI, Laksaman Yudo Margono akan menghadiri HUT TNI AU ke 77 dan bertindak sebagai inspektur upacara. 
 
Siap-siap nih warga Jakarta dan sekitarnya mendengar gemuruh dan melihat manuver hebat dari pesawat-pesawat tempur kebanggaan Indonesia.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm