Gunakan Pesawat CN-295, TNI AU Kirim 6 Ton Bantuan Kemanusian Bagi Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Semeru

7 Desember 2022 16:20 WIB
( )

 

Sonora.ID - Hadir sebagai wujud kepeduliaan, TNI Angkatan Udara mengirimkan bantuan kemanusiaan melalui Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) dan Ketua Umum PIA Ardhya Garini untuk para korban terdampak erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Rabu pagi (7/12/2022).

Sebagai informasi,  tercatat semenjak hari Minggu 4 Desembar yang lalu, aktivitas vulkanis Gunung Semeru mengalami erupsi dan memuntahkan awan panas guguran (APG). Sehingga kondisi ini membuat sekitar 2000 warga lebih harus mengungsi.

Bantuan yang dikirim dengan menggunakan pesawat CN-295 mikik TNI AU dari skuadron 2 ini dilepas secara simbolis oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), Marsekal Fadjar Prasetyo S.E., M.P.P., C.S.F.A. bersama Ketua Umum PIA Ardhya Garini, Ny. Inong Fadjar Prasetyo di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Dalam acara pelepasan bantuan tersebut, Marsekal Fadjar menyampaikan rasa prihatin yang mendalam kepada warga yg terdampak erupsi gunung semeru.

Ia memastikan TNI AU hadir untuk membantu warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

Baca Juga: Berstatus Awas, Erupsi Gunung Semeru Tidak Pengaruhi Penerbangan Dari dan Menuju Bali

"Pagi hari ini kami akan mengirim bantuan ke suadara-saudari kita yang terkena dampak erupsi di Jawat Timur daerah Lumajang. Barang-barang yang akan kita melalui Lanud Abdul Rachman Saleh Malang karena disana Lanud yang terdekat. Dan saya mengucapkan ikut prihatin kejadian ini semoga suadara-saudari kita disana tabah dan dapat menerima keadaan ini", ujar Marsekal Fadjar

Adapun bantuan kemanusiaan yang dikirim ini sejumlah 6 ton lebih yang berupa barang antara lain kasur, selimut, beras, makanan siap saji, makanan balita dan kebutuhan lainnya.

Marsekal Fadjar berharap bantuan ini dapat membantu para warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

Selain bantuan kemanusiaan, TNI AU juga telah mengirim sebanyak 60 orang dari Lanud Abdurachman Saleh bahkan 2 pleton juga akan disiapkan untuk terlibat langsung terkait penanganan bencana erupsi Gunung Semeru.

Dengan bantuan yang telah diberikan, baik bantuan kemanusiaan dan juga tenaga personil yang dikirimkan oleh TNI AU diharapkan dapat membantu dan meringankan beban bagi para korban yang terdampak erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur.

Baca Juga: Berstatus Awas, Erupsi Gunung Semeru Tidak Pengaruhi Penerbangan Dari dan Menuju Bali

"Semoga ini bisa meringankan beban saudara-i kita disana". Ujar Marsekal Fadjar sebelum melepas bantuan ke Lanud Abdul Rachman Saleh.

Dalam kesempatan pelepasan bantuan kemanusiaan untuk para korban terdampak erupsi Gunung Semeru ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau), Marsma TNI Indan Gilang Buldanyah S.sos., dan para pejabat lainnya di lingkup TNI AU.

Keterangan Foto: Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), Marsekal Fadjar Prasetyo S.E., M.P.P., C.S.F.A. bersama Ketua Umum PIA Ardhya Garini, Ny. Inong Fadjar Prasetyo saat akan melepas bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur (Rabu, 7/12/2022).

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm