5 Contoh Ceramah Nuzulul Quran 1444 H/2023 yang Ringkas dan Berkesan

7 April 2023 09:52 WIB
Contoh ceramah atau kultum Nuzulul Quran 1444 H/2023.
Contoh ceramah atau kultum Nuzulul Quran 1444 H/2023. ( Pixabay)

Sonora.ID - Nuzulul Quran terdiri atas dua kata, yaitu Nuzulul dan Al-Qur’an. Nuzulul sendiri secara bahasa dapat diartikan sebagai menurunkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.

Dapat disimpulkan bahwa Nuzululquran merupakan sebuah peristiwa turunnya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW di Gua Hira, sebelah utara Mekkah, pada 17 Ramadan 610.

Oleh karena itu, malam Nuzulul Quran menjadi salah satu malam istimewa di bulan Ramadhan. Banyak umat Muslim yang berbondong-bondong beribadah untuk mendapatkan rida Allah SWT.

Untuk memahami dengan benar mengenai hakikat Nuzulul Quran dan keutamaan-keutamaannya ini mari kita simak kumpulan contoh teks ceramah atau kultum Nuzulul Quran berikut, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 30 Pantun Nuzulul Quran 1444 H/2023 yang Indah dan Kaya Akan Pesan

Contoh Ceramah Nuzulul Quran 1444 H/2023

Contoh 1

Malam Nuzulul Quran adalah salah satu malam istimewa di bulan Ramadhan, karena diyakini sebagai malam di mana diturunkannya Al-Quran. Saat itu Nabi Muhammad berusia 40 tahun, ketika beliau sedang berada di Gua Hira, menerima wahyu pertamanya, yaitu Surat Al Alaq ayat 1-5. Ayat selanjutnya turun 3 tahun kemudian, yakni Surat An Nashr.

Malam Nuzulul Quran biasanya diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan. Untuk tahun ini sendiri malam Nuzulul Quran akan jatuh pada tanggal 29 April 2021. Wahyu dari Allah yang turun pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW adalah surat Al-Alaq ayat 1-5.

Malam Nuzulul Quran menjadi malam yang lebih baik dibandingkan seribu bulan, sesuai firman Allah SWT.

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al-Qadr : 3)

Malam ini juga penuh dengan keberkahan, lantaran terjadi pada satu dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan. Kita bisa meningkatkan amalan dan kegiatan ibadah untuk meningkatkan pahala dan harapan menjumpai malam tersebut.

Peristiwa Nuzulul Quran harus menjadi renungan hubungan kita sebagai manusia dengan Al-Quran yang merupakan pedoman hidup bagi kita semua di dunia. Jika kita masih memiliki perasaan bahwa membaca Al-Quran adalah sebuah beban yang menyusahkan hidup kita dan kita masih berat dalam mempelajari Al-Quran itu artinya kita belum bisa memahami makna sesungguhnya dari Al-Quran.

Mengapa demikian seperti yang dijelaskan dalam surat Al-Baqarah bahwa Allah berfirman “Kami tidak turunkan Al-Quran unruk menyusahkan engkau, untuk membebani engkau. Tapi Al-Quran adalah rahmah, anugrah dari Allah, hadiah dari Allah, dan obat dari Allah.”

Dengan adalah malam Nuzulul Quran ini harus menjadi momentum kita sebagai umat Islam untuk mengubah cara berpikir kita mengenai Al-Quran, di mana Al-Quran adalah sebagai pedoman kita dalam menjalani hidup, sebagai obat terhadap hati kita. Dengan adanya malam Nuzulul Quran ini harapannya kedepan kita bisa menjadi lebih baik lagi dalam memahami Al-Quran. 

Ada beberapa amalan baik yang bisa kita lakukan dalam mengisi malam Nuzulul Quran di antaranya:

  1. Itikaf

Itikaf merupakan amalan yang bisa dilakukan saat malam Nuzulul Quran dengan cara berdiam diri di masjid atau itikaf, membaca Al-Qur’an, berdzikir, berdoa, dan melaksanakan shalat malam.

  1. Tadarus Alquran

Salah satu amalan baik yang dapat dilakukan adalah membaca atau tadarus alquran. Membaca alquran saat bulan suci ramadhan memiliki kemuliaan yang sangat besar. Membaca alquran saat bulan puasa akan mendapatkan sepuluh kebaikan.

  1. Memperbanyak doa

Amalan malam Nuzulul Quran selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memperbanyak doa yang berhubungan dengan keinginan atau doa-doa yang sudah ada dalam Al-Quran, karena  di malam Nuzulul Quran,  Allah akan mengabulkan doa-doa permintaan umatnya.

  1. Memperbanyak shalat malam

Memperbanyak shalat malam seperti sholat tahajud, merupakan salah satu amalan malam Nuzulul Quran. Sebelum melakukan shalat malam, umat muslim dianjurkan untuk tidur terlebih dahulu setelah shalat tarawih di masjid. Kemudian menjelang sahur atau tengah malam bangun kembali untuk menunaikan shalat malam.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm