Berikut ini Keutamaan Sedekah di Bulan Suci Ramadhan

8 April 2023 12:45 WIB
Berikut ini Keutamaan Sedekah di Bulan Suci Ramadhan
Berikut ini Keutamaan Sedekah di Bulan Suci Ramadhan ( )

Palembang, Sonora.ID – Selain menjalankan ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan, umat islam dianjurkan untuk melakukan sedekah.

Apa keutamaan bersedekah di bulan suci Ramadhan? Ustadz Taufik Pengurus Daerah Ikatan Da'i Indonesia (PD IKADI) Palembang, Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang, Dosen Tetap Universitas Serasan Muara Enim kepada sonora (7/4/2023) mengatakan bahwa di bulan Ramadhan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW agar banyak-banyak bersedakah.

“Nabi bersabda hindari neraka dengan bersedekah walaupun dengan sebutir kurma. Bila tidak ada kurma ataupun uang, bisa dengan kalimat toyiba atau kalimat yang baik, kata yang baik,” ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa bersedekah sangat penting. Ada lima keutamaan sedekah. Pertama adalah ganjaran harta maupun pahala yang berlipat ganda, apalagi di bulan suci Ramadhan, akan dilipatgandakan pahalanya.

Kedua sedekah bagi orang muslim akan menambah umur, mencegah kematian yang buruk. Allah SWT menghilangkan sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.

Baca Juga: Perkuat Sinergi, KPU Sumsel dan Radio Sonora & Smart Fm Palembang Gelar Audiensi

Ketiga sedekah sebagai penghapus dosa. Orang yang banyak bersedekah dosa-dosanya akan dihapus dengan pahala kebaikan yang berlimpah dari amalan-amalan dan sedekah.

Oleh sebab itu jangan ragu dan menolak bersedekah karena kita tidak tahu seberapa besar dosa-dosa kita.

Dengan bersedekah bisa jadi satu amalan yang harus konsisten dilakukan. Keempat sedekah dapat menjauhkan diri dari api neraka.

Mengingat pahala yang berlipat ganda akan menghapus dosa-dosa. Kelima sedekah akan mendapat naungan di hari kiamat.

Pada hari kiamat manusia akan dibangkitkan dan dikumpulkan di padang mahsyar, ditempat itu jarak matahari sangat dekat dengan kepala, betapa panasnya kondisi itu, dengan amalan sedekah akan melindungi kepala dari panas matahari sembari menunggu giliran diadili satu persatu.

“Oleh sebab itu perbanyak sedekah apalagi di bulan suci Ramadhan. Semoga tambah semangat dan puasanya diterima oleh Allah SWT,” pukasnya.

Baca Juga: Kesiapan Listrik selama Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H

 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm