Aplikasi SimPelMas akan Ikut Lomba Inovasi Daerah Tingkat SKPD

13 April 2023 11:35 WIB
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Penajam Paser Utara (PPU) membuat aplikasi pendukung kinerja Pemerintahan Kelurahan yaitu SimPelMas (Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat).
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Penajam Paser Utara (PPU) membuat aplikasi pendukung kinerja Pemerintahan Kelurahan yaitu SimPelMas (Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat). ( )

Balikpapan, Sonora.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Penajam Paser Utara (PPU) membuat aplikasi pendukung kinerja Pemerintahan Kelurahan yaitu SimPelMas (Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat).

Kelurahan Sungai Parit ditunjuk Diskominfo PPU sebagai pilot project dalam keikutsertaan event lomba inovasi daerah untuk tingkat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Kabupaten PPU.

"Adapun inovasi yang kita kembangkan dan ikut sertakan di dalam lomba tersebut kita beri nama SimPelMas. Dan karena Kelurahan Sungai Parit sebagai lokasi pilot project, namanya bisa jadi SimPelMas Sei (SimPelMas Kelurahan Sei Parit). Supaya enak didengar, mudah diingat dan masyarakat nanti familiar dengan tagline kata-kata seperti itu," ungkap Junaedi, Pranata Komputer Ahli Muda pada Diskominfo PPU saat sosialisasi di Kelurahan Sungai Parit, Selasa (12/04/2023).

Ia juga mengatakan dengan adanya aplikasi ini basis datanya itu adalah basis data kependudukan.

Artinya, basis data kependudukan di-upload ke aplikasi ini, nantinya masyarakat yang memerlukan pelayanan dengan menginput nama, NIK (Nomor Induk Kependudukan), keperluannya apa, RT berapa.

Baca Juga: Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara Gelar Bakti Sosial Guna Percepatan Penurunan Stunting

Tentu dengan aplikasi ini nanti akan mempermudah masyarakat.

Ia meyakini dengan menggunakan aplikasi SimPel Mas dibawah 10 detik langsung terproses cepat dan mudah dalam pelayanan, serta bisa digunakan melalui online atau pun offline.

"Aplikasi ini juga bisa ditularkan kepada kelurahan/desa yang memerlukan layanan seperti ini, dan kita siap melayani. Artinya dengan semangat yang baru bahwa mindset perubahan kita di internal pemerintahan maupun di masyarakat jika SDM Kabupaten PPU sebagai Serambi Nusantara ini tidak kalah dengan ibukota nantinya," jelasnya lagi.

Ia juga mengharapkan dalam keikutsertaan dalam lomba tersebut, semoga aplikasi yang dikembangkan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama kelurahan/desa yang nantinya akan menggunakan aplikasi SimPel Mas.

"Serta kami berharap kepada Pemerintahan Kabupaten Penajam Paser Utara untuk mensupport aplikasi kami ini, selain banyak memberi keuntungan juga dikerjakan oleh SDM lokal. Karena kita berada di satu wilayah kabupaten bisa dipastikan lebih murah, efisien, efektif dan berdaya guna," pungkasnya.

(*Kilas Pemberitaan)

Baca Juga: Makassar Beli Mobil Listrik Rp300 Jutaan untuk Kendaraan Dinas Kepala SKPD

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.