Contoh Soal Teks Deskripsi dan Kunci Jawabannya, Materi Kelas 7 SMP

14 April 2023 13:00 WIB
Ilustrasi contoh soal teks deskripsi dan kunci jawabannya.
Ilustrasi contoh soal teks deskripsi dan kunci jawabannya. ( Freepik.com)

Sonora.ID - Berikut adalah paparan mengenai beberapa contoh soal teks deskripsi dan kunci jawabannya yang merupakan materi bahasa Indonesia kelas 7 SMP.

Teks deskripsi adalah jenis teks yang digunakan untuk menggambarkan atau menguraikan suatu objek, tempat, orang, atau hal lainnya secara detail.

Tujuan utama dari teks deskripsi adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan mendetail tentang suatu objek agar pembaca dapat membayangkan atau memahami objek tersebut dengan baik.

Pemahaman yang baik terhadap teks deskripsi sangat penting karena keahlian menulis deskripsi yang baik adalah salah satu keterampilan dasar dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini karena kemampuan untuk menggambarkan dan menguraikan suatu objek dengan jelas dan mudah dimengerti sangat diperlukan dalam berbagai konteks, seperti dalam dunia pendidikan, pekerjaan, dan kehidupan sosial.

Selain itu, mempelajari teks deskripsi juga sangat berguna dalam mengembangkan kemampuan membaca dan memahami teks yang lebih kompleks.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali dihadapkan dengan berbagai jenis teks deskripsi, seperti deskripsi produk, deskripsi tempat wisata, atau deskripsi karakteristik dalam lamaran pekerjaan.

Oleh karena itu, kemampuan untuk memahami dan mengevaluasi teks deskripsi sangat diperlukan.

Baca Juga: Lirik Lagu Lucky - EXO, Lengkap dengan Terjemahan Bahasa Indonesia

Dalam artikel ini, Sonora akan memberikan beberapa contoh soal teks deskripsi dan kunci jawabannya.

Dengan mempelajari contoh soal teks deskripsi, diharapkan pembaca dapat memperdalam pemahaman tentang struktur dan bahasa yang digunakan dalam teks deskripsi, serta meningkatkan kemampuan dalam membaca dan menulis teks deskripsi yang baik dan benar.

Untuk tahu lebih jauh, simak beberapa contoh soal teks deksripsi, lengkap dengan kunci jawabannya, sebagaimana dikutip Sonora dari Bola.com berikut ini.

Contoh Soal Teks Deskripsi dan Kunci Jawabannya

1. Baca teks deskripsi berikut.

Penari Saman berjumlah ganjil. Mereka menyanyikan syair lagu berbahasa Gayo bercampur dengan bahasa Arab saat menari. Nyanyian dalam Tari Saman dibagi dalam lima macam. Regnum adalah nyanyian berupa suara auman. Dering adalah suara auman yang dilakukan oleh semua penari.

Redet adalah lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari. Sek adalah lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggi melengking, biasanya sebagai tanda perubahan gerak. Saur adalah lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo.

Selain nyanyian, gerakan penari Saman diiringi alat musik berupa gendang, suara teriakan penari, tepuk tangan penari, tepuk dada penari, dan tepuk paha penari. Gerak dalam tari itu disebut guncang, kirep, lingang, dan surang-saring (semua nama gerak ini adalah bahasa Gayo).

Kutipan teks tersebut merupakan bagian struktur teks deskripsi berupa ...

A. Deskripsi umum

B. Deskripsi bagian

C. Deskripsi manfaat

D. Deskripsi penutup

2. Cermati kalimat berikut

(1) Warna batunya merah menyala seperti api, bila terkena sinar matahari akan menyilaukan mata.

(2) Ayah memiliki batu akik yang sangat ia sukai.

(3) Batu akik ini sungguh ajaib karena seakan menyala saat lampu mati.

(4) Tidak salah jika ayah sangat suka dengan batu akik itu.

Urutan kalimat di atas agar menjadi paragraf deskripsi yang padu adalah …

A. (1)-(4)-(2)-(3)

B. (1)-(3)-(2)-(4)

C. (2)-(1)-(3)-(4)

D. (2)-(3)-(4)-(1)

3. Pemerintah Kabupaten Probolinggo menawarkan paket wisata erupsi Gunung Bromo. Penawaran ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus memberikan jaminan bahwa gunung setinggi 2.329 mdpl tersebut aman dikunjungi, meski berstatus siaga. Wisatawan dapat menikmati pemandangan eksotis Gunung Bromo dari jauh. Penawaran paket wisata ini termasuk kegiatan menikmati hasil panen dan keindahan matahari terbit.

Teks tersebut membahas…

A. Keindahan Gunung Bromo.

B. Penawaran paket wisata erupsi Gunung Bromo.

C. Peningkatan kunjungan wisatawan.

D. Pemandangan eksotis Gunung Bromo.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal no.4-5

Karimunjawa sungguh menakjubkan. Begitu mata melihat ke bawah air, hamparan terumbu karang yang memesona menyambut kita. Rangkaian koral berbentuk bunga berwarna krem dan merah muda, di tengahnya ada bintik-bintik menyerupai benang sari, begitu elok. Di sisi lain ada karang dengan bentuk tumbuhan kaktus yang bergerigi, bercorak biru dan hijau, dengan ikan-ikan kecil berwarna oranye di atasnya, membuat siapa saja yang melihat ingin menyentuhnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm