Lewat Program Magang Instruktur, Kemendikbudristek Tingkatkan Pendidikan Inovatif di LKP

15 April 2023 14:30 WIB
Siaran pers dan foto :     Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Siaran pers dan foto : Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( )

Sonora.ID - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus menunjukkan  komitmennya untuk meningkatkan program pendidikan inovatif di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) salah satunya lewat Sosialisasi Program Magang Instruktur Kursus dan Pelatihan yang digelar secara hibrida di Jakarta, (11/4).

Sosialisasi tersebut sebagai bagian dari upaya berkelanjutan Kemendikbudristek lewat Direktorat Kursus dan Pelatihan (Ditsuslat), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi guna meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan peserta didik LKP untuk menghadapi tantangan abad ke-21.

“Program magang ini memberi kesempatan bagi instruktur kursus untuk meningkatkan kompetensi melalui praktik kerja di dunia industri untuk selanjutnya diterapkan pada pembelajaran dengan peserta didik binaannya,” jelas Direktur Kursus dan Pelatihan, Wartanto, dalam sambutannya di hadapan sekitar 498 orang instruktur LKP.

Wartanto menambahkan program magang bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik dengan memberikan pengalaman langsung kepada para instruktur LKP dalam lingkungan pendidikan yang nyata.

 
“Adapun program magang yang akan berlangsung, di bidang Tata Busana Ditsuslat akan menghadirkan praktisi dari ESMOD Jakarta dan di bidang Tata Kecantikan Rambut, calon peserta terpilih akan belajar langsung bersama praktisi dari Makarizo,” ungkap Wartanto.

Direktur Wartanto berharap bahwa program magang ini dapat mendukung para instruktur untuk meningkatkan kompetensi, keahlian, dan pengetahuannya sesuai perkembangan terkini di industri.

“Selain itu, Kemendikbudristek lewat program magang ini hendak mendorong terjadinya peningkatan kompetensi teknis instruktur kursus dan pelatihan terkait proses produksi dan penggunaan teknologi mutakhir di dunia kerja serta kemampuan teknis sebagai seorang instruktur,” sambung Wartanto.

Dalam kesempatan yang sama, Resource & Development Manager ESMOD Jakarta, Dini Mirawati, menyampaikan apresiasi kepada Kemendikbudristek atas dilibatkannya ESMOD Jakarta sebagai penyedia praktisi program magang seraya mendorong calon peserta untuk tidak takut mengambil kesempatan dalam meniti karier.

“Begitu menemukan sesuatu yang disukai, jadilah yang terbaik dalam melakukannya. Program Magang Instruktur Kursus dan Pelatihan ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan pengalaman dari ESMOD Jakarta yang telah melahirkan banyak desainer ternama di Indonesia sekaligus mengembangkan kemampuan yang selama ini Anda minati,” tegas Dini.

Tak ketinggalan, Senior Educator Makarizo Professional, Arfan Sunoto, mendukung pelaksanaan Program Magang Instruktur Kursus dan Pelatihan. “Makarizo merupakan produk lokal yang telah dikenal secara global di industri tata kecantikan rambut. Program ini kiranya mampu melahirkan_ hairdresser _terbaik di Indonesia yang dapat memberikan kontribusi nyata kepada dunia pendidikan, industri, serta nusa dan bangsa,” pungkas Arfan.

Pendaftaran Program Magang Instruktur Kursus dan Pelatihan dimulai secara resmi pada tanggal 11 April 2023 dan berakhir pada tanggal 30 April 2023. melalui tautan http://www.bit.ly/daftarmaganginstruktur2023

Persyaratan untuk mengikuti program ini adalah :

1) Berusia antara 25 s.d. 45 tahun dibuktikan dengan fotokopi KTP,
2) Pendidikan formal minimal SMA/SMK sederajat dibuktikan dengan fotokopi ijazah pendidikan formal, 
3) Memiliki sertifikat kompetensi di bidangnya minimal jenjang 3, 
4) Memiliki pengalaman mengajar minimal 3 tahun dibuktikan dengan surat keterangan dari lembaga pendidikan dan foto Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN) lembaga tempat mengajar
5) Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter
6) Belum pernah mengikuti program yang sama 3 tahun terakhir.
 
Baca Juga: Getol Transformasi Digital, Universitas Pertamina Diganjar Penghargaan

Informasi lebih lanjut program Magang Instruktur Kursus dan Pelatihan sebagai berikut yang dapat dilihat pada Pedoman Magang Instruktur Kursus dan Pelatihan Tahun 2023 dan dapat diakses lewat tautan http://kursus.kemdikbud.go.id/.

Kriteria khusus calon peserta bidang Tata Busana yakni menguasai materi teori dan praktik tentang: Pola busana, Teknik jahit, dan Teknik draping.

 
Sementara kriteria khusus calon peserta bidang Tata Kecantikan Rambut yaitu: menguasai materi teori dan praktik tentang Cutting, Colouring, Perming, dan Hair styling; dan tidak sedang dalam kondisi hamil.

Calon peserta Program Magang Instruktur Kursus dan Pelatihan akan melewati proses pemilihan yang meliputi  seleksi administrasi berupa pengiriman portofolio, dan seleksi penilaian kompetensi masing-masing bidang keterampilan.

Selanjutnya, sebanyak 30 orang instruktur kursus dan pelatihan terpilih akan mengikuti program magang dimulai pada tanggal 5 hingga 14 Juni 2023 dengan durasi total 54 jam secara luring/tatap muka di ESMOD Jakarta Course Center dan Makarizo Professional Jakarta.

 
 

Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm