Contoh Soal Potensi Kognitif UTBK SNBT 2023 dan Kunci Jawabannya

15 April 2023 16:13 WIB
Ilustrasi contoh soal potensi kognitif UTBK SNBT 2023 dan kunci jawabannya.
Ilustrasi contoh soal potensi kognitif UTBK SNBT 2023 dan kunci jawabannya. ( unpad.ac.id)

Sonora.ID - Berikut adalah paparan mengenai contoh soal potensi kognitif UTBK SNBT 2023, lengkap dengan kunci jawabannya.

UTBK SNBT atau Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu seleksi penerimaan mahasiswa baru di Indonesia.

Ujian ini diadakan secara nasional dan diikuti oleh lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri.

Potensi Kognitif UTBK SNBT 2023 adalah salah satu bagian dari ujian UTBK SNBT yang mengukur kemampuan kognitif calon mahasiswa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan logika dan matematika.

Soal potensi kognitif UTBK SNBT terdiri dari beberapa jenis soal, seperti soal mengenai deret bilangan, penalaran verbal, dan gambar.

Menjelang pelaksanaan UTBK SNBT 2023, penting bagi calon mahasiswa untuk mempersiapkan diri secara maksimal termasuk mempelajari contoh soal potensi kognitif.

Dengan memahami jenis-jenis soal dan bentuk pertanyaannya, calon mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya dan meningkatkan peluang untuk diterima di perguruan tinggi negeri yang diinginkan.

Dalam artikel ini, Sonora akan menyajikan beberapa contoh soal potensi kognitif UTBK SNBT 2023 untuk membantu para calon mahasiswa mempersiapkan diri dengan baik.

Baca Juga: 20 Contoh Soal Logika Matematika, Lengkap dengan Kunci Jawabannya!

Soal-soal ini dibuat berdasarkan pola-pola soal yang sering muncul dalam ujian UTBK SNBT sebelumnya dan dirancang untuk menguji kemampuan kognitif para calon mahasiswa secara komprehensif.

Unutuk tahu lebih jauh, simak beberapa contoh soal potensi kognitif UTBK SNBT 2023 dan kunci jawabannya yang dikutip Sonora dari Brainacademy.id berikut ini.

Contoh Soal Potensi Kognitif UTBK SNBT 2023 dan Kunci Jawaban

1. Perusahaan Al Faiz menerapkan minimal bergelar sarjana untuk seluruh karyawannya dan minimal bergelar magister untuk jabatan manajer. Dilan adalah manajer yang bergelar sarjana Akuntansi.

Simpulan berdasarkan informasi dalam teks tersebut adalah Dilan bekerja di perusahaan Al Faiz.

Manakah pernyataan berikut yang menggambarkan kualitas simpulan tersebut?

A. Simpulan tersebut pasti benar
B. Simpulan tersebut mungkin benar
C. Simpulan tersebut pasti salah
D. Simpulan tidak relevan dengan informasi yang diberikan
E. Simpulan tidak dapat dinilai karena informasi tidak cukup

Jawaban: C

2. Saat ini, pemerintah daerah X sedang giat membangun villa untuk meningkatkan pariwisata di daerahnya. Pemerintah berpendapat bahwa villa dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Manakah pernyataan berikut yang akan MEMPERLEMAH pendapat pemerintah tersebut?

A. Banyak villa di daerah wisata yang menetapkan biaya sewa mahal.
B. Pembangunan villa membutuhkan waktu yang cukup lama.
C. Banyak wisatawan yang lebih tertarik berwisata ke daerah yang tidak memiliki fasilitas villa.
D. Semua villa yang baru dibangun telah penuh terisi oleh wisatawan.
E. Banyak wilayah pemukiman yang terkena dampak pembangunan villa.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm