Simbiosis Amensalisme: Pengertian dan Contoh-contohnya, Lengkap!

19 April 2023 11:00 WIB
Ilustrasi Simbiosis Amensalisme
Ilustrasi Simbiosis Amensalisme ( Freepik.com)

Sonora.ID - Masing-masing makhluk hidup membutuhkan makhluk hidup lainnya dalam bertahan hidup. Hal ini bukan hanya berlaku bagi manusia yang membutuhkan manusia lain dan makhluk hidup lain, tetapi juga bagi tumbuhan dan hewan.

Hubungan atau ketergantungan antara satu makhluk hidup dengan makhluk hidup lain tersebutlah yang dikenal dengan istilah simbiosis.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), simbiosis adalah hubungan ketergantungan antara dua makhluk hidup atau lebih yang hidup bersama.

Sedangkan National Geographic menyebutkan, simbiosis adalah istilah yang menggambarkan hubungan atau interaksi apa pun antara dua organisme berbeda.

Hubungan atau simbiosis tersebut memiliki beberapa jenis yaitu Simbiosis Mutualisme, Simbiosis Parasitisme, Simbiosis Komensalisme, dan Simbiosis Amensalisme.

Artikel ini secara khusus membahas mengenali hubungan Amensalisme.

Simbiosis Amensalisme

Dikutip dari Kompas.com, simbiosis amensalisme adalah simbiosis yang menunjukkan hubungan merugikan, sementara organisme lain netral atau tidak untung maupun rugi.

Bisa dikatakan, hubungan yang satu ini adalah kebalikan dari simbiosis komensalisme.

Baca Juga: 8 Contoh Simbiosis Parasitisme, di Sekitar Kita yang Mudah Dipahami

Simbiosis amensalisme berarti hubungan antara dua makhluk hidup, yang merugikan satu pihak, sementara pihak lainnya tidak terpengaruh.

Contoh simbiosis amensalisme adalah:

  1. Pohon walnut dan tumbuhan di sekitarnya. Pohon walnut bisa mengeluarkan senyawa bernama alelopati, yang menyebabkan pohon lain di sekitarnya tidak bisa bertahan. Keluarnya senyawa itu membuat pohon walnut bisa mendapat nutrisi lebih dari dalam tanah, yang seharusnya didapat pohon lain.
  2. Brokoli dan kubis. Dalam brokoli, ada satu senyawa residu yang biasa membuat brokoli tidak cepat layu. Akan tetapi, senyawa ini bisa menjadi penyakit bagi kubis, dan membuatnya lebih cepat busuk. Oleh sebab itu, metode penyimpanan kedua sayuran tersebut haruslah dipisah.
  3. Kambing memakan jenis semak atau rumput yang juga dimakan oleh serangga. Hal ini mengakibatkan kelangkaan sumber makanan bagi serangga. Kambing tidak terluka oleh interaksi karena tidak adanya interaksi dan tidak mempengaruhinya, tetapi serangga kehilangan sejumlah besar sumber makanan.

Berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Baca Juga: Macam-macam Simbiosis dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm