5 Contoh Resensi Buku Pelajaran yang Benar Sesuai dengan Strukturnya

25 April 2023 13:34 WIB
Contoh resensi buku pelajaran.
Contoh resensi buku pelajaran. ( pixabay)

Sonora.ID - Mengutip dari buku berjudul Kiat Mudah Menulis Resensi, yang dimaksud dengan resensi adalah sebuah teks yang berisikan penilaian terhadap suatu karya seperti buku, film maupun drama.

Sebuah teks resensi memiliki beberapa fungsi, yakni di antaranya fungsi informatif, komersial, dan akademik.

  • Fungsi informatif, yakni menginformasikan keberadaan buku atau film tertentu sehingga pembaca merasa tertarik untuk mengetahuinya secara lebih lanjut.
  • Fungsi komersial, yakni untuk mempromosikan produk baru guna kepentingan komersial atau keuntungan materi.
  • Fungsi akademik, yakni interaksi antara penulis buku, penerjemah, editor, dan peresensi dalam membentuk wacana keilmuan serta berbagai pengalaman dan sudut pandang tentang topik tertentu yang dijadikan sebagai fokus resensi.

Baca Juga: Cara Membuat Resensi Buku Lengkap dengan Struktur dan Contohnya

Struktur Resensi

Sama seperti halnya dengan jenis teks lainnya, sebuah teks resensi juga memiliki ciri atau struktur yang membangunnya seperti berikut.

  • Adanya judul resensi.
  • Identitas buku.
  • Sinopsis atau ulasan buku.
  • Kelemahan buku.
  • Kelebihan buku, dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu organisasi atau kerangka buku, isi, dan penggunaan bahasa.

Untuk memahaminya dengan lebih baik di bawah ini pun kami sajikan kumpulan contoh resensi buku pelajaran yang sesuai dengan struktur, dikutip dari berbagai sumber.

Contoh Resensi Buku Pelajaran

Contoh 1

Resensi Buku Sejarah Pendidikan Islam

Identitas Buku:

Judul buku : Sejarah Pendidikan Islam

Penulis : Dra. Zuhairini

Penerbit : PT Bumi Aksara

Tahun terbitan : 2015

Tebal Halaman : 253 halaman

Sinopsis Buku:

Buku yang berjudul Sejarah Pendidikan Islam merupakan buku yang akan membahas secara lengkap fakta-fakta yang memiliki kaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam.

Sejarah pendidikan islam bagi umat manusia sangat berguna. Terlebih sejarah dapat menimbulkan dinamisme serta melahirkan berbagai nilai-nilai baru yang akan berguna bagi perkembangan umat manusia.

Dalam ajaran islam, sumber utama sejarah berasal dalam Al-Qur-an. Mengandung berbagai nilai kesejahteraan dan makna. 

Sejarah pendidikan islam pada dasarnya memiliki kegunaan yang terbagi menjadi dua aspek  yaitu umum dan akademis.

Secara umum, sejarah pendidikan islam berguna sebagai faktor keteladanan. Sementara dari sisi akademis, sejarah pendidikan islam berguna sebagai perbendaharaan ilmu pengetahuan baik teori dan praktek.

Sejarah pendidikan islam hakikatnya berkaitan dengan sejarah islam. Oleh karena itu, periodisasi dalam sejarah pendidikan islam dengan kata lain periode-periode dari sejarah islam sendiri.

Kelebihan Buku:

Bagi pelajar dan mahasiswa buku sejarah pendidikan islam akan membantu memahami sejarah pendidikan islam.

Bahasa yang dibawakan oleh penulis menggunakan bahasa yang sederhana dan efektif, membuat pembaca mudah memahami isi buku.

Kekurangan Buku:

Kelemahan dari buku ini terletak pada bagian awal, yaitu cover buku. Bagian cover terlihat kurang menarik sehingga akan membuat pembaca enggan membacanya.

Dalam buku ada berbagai kata-kata baru namun tidak dilengkapi dengan indeks buku, sehingga pembaca akan sedikit kesulitan jika menjumpai istilah baru tersebut.

Contoh 2

Resensi Buku Pintar Sejarah Dunia

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.