Contoh Resensi Film Bahasa Sunda yang Sesuai dengan Strukturnya

2 Februari 2023 12:00 WIB
Contoh resensi film bahasa Sunda.
Contoh resensi film bahasa Sunda. ( Freepik)

Sonora.ID - Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai resensi film khususnya dalam bahasa Sunda. Sebelumnya apa sih yang dimaksud dengan resensi itu?

Mengutip dari buku Kiat Mudah Menulis Resensi, yang dimaksud dengan resensi merupakan suatu penilaian baik kelebihan maupun kekurangan sebuah karya seperti film atau drama yang disampaikan kepada masyarakat.

Sebuah teks resensi ini ditulis dengan berbagai tujuan yang mendasarinya di antaranya untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada masyarakat mengenai isi karya yang diresensi, memaparkan pandangan atau pendapatnya melalui sebuah penilaian, memberikan sugesti kepada masyarakat apakah karya tersebut layak untuk dinikmati, mengajak pembaca untuk mendiskusikan atau memikirkan lebih jauh mengenai hal yang diangkat dalam karya tersebut, dan lain sebagainya.

Sementara itu, mengutip dari buku lainnya bertajuk Bahasa Indonesia 3A SMP, sebuah teks resensi biasanya memiliki struktur yang membangunnya seperti berikut.

  • Pendahuluan: Berisi informasi objektif terkait identitas karya yang diresensi, misalnya, judul, penulis, tahun cetak atau rilis, dan lainnya.
  • Isi: Berisi ulasan mengenai tema karya, paparan singkat mengenai isi karya, latar belakang dan tujuan pembuatan karya tersebut, dan lainnya.
  • Penutup: Berisi penilaian terhadap kualitas karya secara keseluruhan serta kritik atau saran.

Di bawah ini pun kami sajikan beberapa contoh resensi film dalam bahasa Sunda yang sesuai dengan struktur di atas, yang dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Contoh Pidato Bahasa Sunda tentang Sopan Santun yang Sesuai Struktur

Contoh Resensi Film Bahasa Sunda

Resensi Film ‘Manusia Setengah Salmon’

Pendahuluan

Judul Film : Manusia Setengah Salmon

Sutradara : Herdanius Larobu

Penulis Naskah : Raditya Dika

Produser : Chand Parwez Servia Fiaz Servia

Penyunting : Cesa David Lukmansyah

Tanggal Rilis : 10 Oktober 2013

Durasi : 81 menit

Produksi: Starvision Plus

Isi

Sinopsis

Berawal sabot sang indung megatkeun kanggo pindah imah,Dika anu oge saurangnu nulis malahan mecakan mopohokeun carios tresna na kalawan Jessica sartahubunganana kalawan sang bapa.

Dika saleresna kirang sapuk kalawan rencana indungna kanggo pindah,nanging Dika angger ngabantuan kanggo mangneangankeun imah anu anyar kanggo maranehanana. Hiji persatu imah maranehanana datangi,sadayana teu aya anu cocog.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.