Memahami Resensi: Pengertian, Struktur, Jenis, Unsur, dan Contoh

28 April 2023 13:45 WIB
Memahami resensi: pengertian, struktur, jenis, unsur, dan contohnya.
Memahami resensi: pengertian, struktur, jenis, unsur, dan contohnya. ( Freepik.com)

Sonora.ID - Berikut adalah penjelasan mengenai pengertian resensi, lengkap dengan struktur, jenis, unsur, dan contohnya.

Resensi adalah salah satu jenis tulisan yang seringkali muncul di media cetak, situs web, atau blog.

Umumnya, resensi ditulis oleh seorang kritikus atau pengulas yang ingin memberikan pandangan atau penilaiannya tentang suatu karya, seperti buku, film, musik, atau acara televisi.

Dalam resensi, penulis akan memberikan gambaran tentang isi karya yang diulas, serta memberikan penilaian terhadap kualitas dan kelebihan serta kekurangan dari karya tersebut.

Resensi merupakan salah satu cara yang efektif untuk memberikan informasi kepada publik tentang karya yang telah dirilis, sehingga pembaca dapat memutuskan apakah ingin mengonsumsi karya tersebut atau tidak.

Dalam dunia penerbitan, resensi juga dapat berpengaruh pada penjualan buku atau karya lainnya.

Memahami bagaimana menulis resensi yang baik dan efektif akan sangat berguna bagi mereka yang ingin menjadi kritikus atau pengulas di media massa, serta bagi para penulis atau seniman yang ingin mempromosikan karyanya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai pengertian, struktur, jenis, unsur, dan contoh resensi untuk membantu pembaca memahami lebih lanjut tentang jenis tulisan ini.

Baca Juga: Contoh Resensi Buku, Lengkap dengan Penjelasan

Untuk tahu lebih jauh, simak paparan mengenai pengertian, struktur, jenis, unsur, dan contoh resensi sebagaimana yang dikutip Sonora dari Bola.com berikut ini.

A. Pengertian Resensi

  • Menurut Gorys Keraf

Pengertian resensi adalah suatu ulasan mengenai nilai dari sebuah karya atau buku.

  • Menurut W.J.S. Poerwadarminta

Resensi adalah suatu pertimbangan atau perbincangan tentang sebuah buku yang menilai kelebihan atau kekurangan buku tersebut, menarik-tidaknya tema dan isi buku, kritikan, serta memberi dorongan kepada khalayak tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca, dimiliki, atau dibeli.

  • Menurut Yus Rusyana

Resensi adalah suatu tulisan mengenai buku pengetahuan, sastra, kamus, ensiklopedia, dan sebagainya yang mengikhtisarkan, menggambarkan, menjelaskan, dan menilai buku.

  • Menurut Panuti Sudjiman

Pengertian resensi adalah pembahasan dan penilaian yang pendek tentang suatu karya tulis. Konteks ini memberi arti penilaian, mengungkap secara sekilas, membahas, atau mengkritik buku.

  • Euis Sulastri

Resensi adalah kupasan atau pembahasan tentang buku, film, atau drama yang biasanya disiarkan melalui media massa, seperti surat kabar atau majalah.

  • Saryono (1997:56)

Resensi adalah sebuah tulisan berupa esai dan bukan merupakan bagian suatu ulasan yang lebih besar mengenai sebuah buku. Isinya adalah laporan, ulasan, dan pertimbangan baik-buruknya, kuat-lemahnya, bermanfaat-tidaknya, benar-salahnya, argumentatif - tidaknya buku tersebut. Tulisan tersebut didukung dengan ilustrasi buku yang diresensi, baik berupa foto buku atau fotocopy sampul buku.

Baca Juga: Ini Contoh Resensi Buku Non Fiksi yang Sederhana dan Mudah Dipahami

B. Struktur Resensi

1. Identitas

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm