7 Contoh Kerja Sama Bilateral dan Bedanya dengan Multilateral

28 April 2023 13:00 WIB
Ilustrasi Contoh Kerja Sama Bilateral
Ilustrasi Contoh Kerja Sama Bilateral ( Freepik.com)

Sonora.ID - Layaknya manusia yang tidak bisa hidup tanpa manusia lainnya, negara pun demikian. Suatu negara tidak bisa bertahan untuk memenuhi kebutuhannya tanpa bekerjasama dengan negara lainnya.

Hubungan kerja sama antar negara tersebut bisa dibagi menjadi beberapa tipe, salah satunya adalah hubungan kerja sama bilateral.

Kerja sama bilateral

Dikutip dari Gramedia.com, kerja sama bilateral adalah kerja sama yang melibatkan dua negara dalam bentuk hubungan diplomatik, perdagangan, pendidikan, hingga kebudayaan.

Yang menjadi ciri khas dari kerja sama ini adalah negara yang terlibat tidak lebih dari 2 negara.

Dalam menjalin hubungan kerja sama bilateral, Indonesia cenderung lebih memprioritaskan nilai-nilai saling menghormati, tidak ikut campur urusan dalam negeri negara lain, menolak menggunakan kekerasan, dan mengutamakan konsensus.

Baca Juga: Mengenal 3 Sistem Kekerabatan di Indonesia dan Perbedaannya

7 contoh kerja sama bilateral adalah:

  1. Kemitraan strategis khusus atau special strategic partnership Indonesia – Korea yang memiliki fokus pada bidang pertahanan dan perdagangan.
  2. Kerja sama Indonesia dengan Amerika Serikat dalam penanggulangan Covid-19 sekaligus kerja sama dalam Peningkatan Neraca Perdagangan
  3. Kerja sama Indonesia dengan Brazil dalam upaya meningkatkan mutu genetik protein hewani dan pengembangan peternakan nasional.
  4. Kerja sama ekspor perkebunan antara Indonesia dan Jerman, berupa kopi, teh, tembakau, dan minyak sawit. Selain itu, Jerman juga mengekspor beberapa barang elektronik yang tidak bisa dibuat di Indonesia.
  5. Kerja sama Indonesia dengan Jerman dalam penanaman modal usaha, misalnya Krakatau Steel dan Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN).
  6. Kerja sama berupa pertukaran pelajar dan mahasiswa Indonesia dan Jepang dalam bidang teknologi.
  7. Kerja sama Indonesia dengan beberapa negara di Asia Pasifik lainnya terkait perjanjian ekonomi dan perdagangan di Asia Pasifik.

Baca Juga: 10 Manfaat Kerjasama Ekonomi Internasional Bagi Negara

Kerja sama multilateral

Berbeda dengan kerja sama bilateral, kerja sama yang satu ini tidak hanya melibatkan dua negara tetapi beberapa negara sekaligus.

Kerja sama multilateral yaitu kerja sama yang dilakukan oleh beberapa negara tanpa adanya batasan kawasan maupun wilayah.

Contoh kerja sama multilateral adalah PBB.

Berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm