Komentar Pengamat Soal Jokowi Ambil Alih Perbaikan Jalan di Lampung

9 Mei 2023 10:45 WIB
Jokowi saat melewati jalanan rusak di Lampung
Jokowi saat melewati jalanan rusak di Lampung ( (Istimewa/Agus Suparto))

Palembang, Sonora.ID – Usai melihat kondisi jalan-jalan rusak di Lampung, Presiden Joko Widodo memutuskan pemerintah pusat mengambil alih perbaikan jalan di Lampung.

Dr. MH Thamrin, Pengamat Kebijakan Publik kepada Sonora FM Palembang (08/03/2023) mengatakan bahwa pengambil alihan perbaikan jalan di Lampung oleh pemerintah pusat menunjukkan buruknya koordinasi dalam pembangunan infrastruktur.

“Menyediakan infrastruktur termasuk jalan adalah kewajiban pemerintah. pemerintah bukan hanya satu entitas, ada pemerintah pusat,  pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten. Masyarakat kadang diganggu dengan tanggapan ini bukan tugas kami. Kasus di Lampung menunjukkan buruknya kordinasi dalam pembangunan infrastruktur. Alasan klasiknya pasti karena anggaran,” ujarnya.

Ia berharap pengambilan alih perbaikan jalan di Lampung tidak dibarengi unsur politik.

Pemerintah perlu berhati-hati dalam mengambil kebijkan seperti ini sebab bisa diikuti daerah-daerah lain, pemerintah juga akan terkesan pilih kasih.

Baca Juga: Komentar Pengamat Hukum Perihal Fenomena Bima Lampung

Koordinasi pemerintah pusat dan daerah dalam hal pemiliharaan dan perbaikan infrastruktur harus terdata degan baik terutama mana jalan propinsi, jalan negara dan jalan kabupaten agar kebijakan yang akan diambil berjalan dengan baik.

Terkait kebijakan truck bertonase besar masuk kedalam kota Palembang yang kembali ditegakkan ia menilai hal tersebut adalah kebijakan lama yang sudah mulai kendor.

Seharusnya setiap kebijakan tidak boleh kendor, kalaupun ada relaksasi karena ada program yang terencana bukan karena terabaikan.

“Dalam  kasus truck tonase berat ini sepertinya terabaikan. Pelarangan truck besar masuk kota heboh kembali setelah ada korban jiwa. Penegakan harus secara konsisten,” ujarnya.

Ia menambahkan pemerintah perlu membuat unit khusus yang mengkaji terhadap persoalan implentasi sehingga penegakan hukum tidak berjalan sendiri dan pergerakan pemerintah lebih harmonis.

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.