Aparatur Adaptif Ikut Perkembangan Zaman

13 Mei 2023 16:03 WIB
Foto bersama usai kegiatan Komunikasi Sosial dengan Aparat Pemerintah di Kodim 1207/Pontianak.
Foto bersama usai kegiatan Komunikasi Sosial dengan Aparat Pemerintah di Kodim 1207/Pontianak. ( Prokopim)

PONTIANAK, Sonora.id - Kepala Bidang Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Telematika (TKPBET) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pontianak, Syamsul Akbar menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak terus beradaptasi dengan perkembangan zaman, khususnya pada sektor teknologi informasi.

Ia mengatakan teknis sebuah pekerjaan di era industri 5.0 kini mulai berganti dengan robot atau bahkan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

"Pengumpulan data sekarang sudah sangat mudah. Terlebih dengan adanya digitalisasi. Kami di pemerintahan selalu membuat kebijakan berdasarkan data-data yang terupdate dan sudah diverifikasi ini. Supaya programnya tepat sasaran," ujarnya saat memberi materi pada kegiatan Komunikasi Sosial dengan Aparat Pemerintah di Kodim 1207 Pontianak Jalan Gusti Sulung Lelanang, Jumat (12/5/2023).

Baca Juga: Rencana Pembangunan Jembatan Garuda, Masih Tahap Penggodokan

Adaptasi itu harus dilakukan melihat masifnya penggunaan teknologi informasi di tataran masyarakat. Kemudahan itu pula yang memangkas proses birokrasi di pemerintahan. Akbar menambahkan, sebelum ada digitalisasi, jalannya birokrasi cenderung lambat dan pelayanan publik terhambat.

"Aparatur di lingkungan pemerintah selalu dibekali dengan wawasan terkait teknologi informasi supaya terus bisa menyesuaikan keperluan masyarakat hari ini. Di Pontianak sebagai contoh ada yang namanya aplikasi Jepin. Di situ semua perkembangan terkini Kota Pontianak sudah tersedia," paparnya.

Namun kendati mudahnya akses informasi dan data, muncul permasalahan lain seperti gejolak sosial akibat hoaks, penggiringan opini negatif sampai penipuan. Literasi digital yang masih rendah dari masyarakat menjadi tugas bersama instansi pemerintahan untuk ditingkatkan. Akbar mengimbau masyarakat untuk menggunakan kecanggihan ke arah positif.

Baca Juga: Sekda Harisson Harap STIKES YARSI Pontianak Jadi Agent of Change

"Kalau yang negatif saja bisa cepat dilakukan. Bayangkan jika kita semuanya memanfaatkan teknologi dengan baik dan benar? Pasti kemajuan kota bisa dengan cepat tercapai," imbuhnya.

Akbar turut mengajak setiap elemen masyarakat dan pemerintahan untuk bergandengan tangan memecahkan masalah perkotaan. Di tengah zaman yang modern ini, kolaborasi menjadi penting guna mencapai tujuan.

"Dari organisasi ke organisasi lain bisa saling bertukar informasi jika memang diperlukan," tutupnya.

Pemkot Pontianak selalu menerima keluhan masyarakat lewat media sosial seperti kotak masuk (DM) Instagram @pemkot.pontianak maupun @diskominfopontianak. Bagi warga yang ingin melaporkan persoalan perkotaan lain juga dapat mengakses laman lapor.go.id. 

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm