Disperkim Bangunkan Spam Desa untuk 5 Desa Kecamatan Tabang

18 Mei 2023 13:44 WIB
Sekretaris dan Kabid Penyehatan Lingkungan pada saat kunjungan kerja Bupati memantau langsung program SPAM Desa di Kecamatan Tabang
Sekretaris dan Kabid Penyehatan Lingkungan pada saat kunjungan kerja Bupati memantau langsung program SPAM Desa di Kecamatan Tabang ( )

 

Tenggarong, Sonora.ID - Kebutuhan air bersih dan sanitasi yang layak merupakan prioritas pada program kerja Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dibawah kepemimpinan Edi Damansyah.

Inilah yang terus direalisasikan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kukar dengan mengupayakan kebutuhan air bersih di lima Desa yang ada di Kecamatan Tabang melalui program sistem penyediaan air minum (SPAM) Desa.

"Titik lokasinya kita bangun SPAM Desa itu di Desa Muara Tiq dan dengan kegiatan ini maka kebutuhan air bersih untuk 312 rumah warga di lima desa segera bisa terpenuhi, saat ini sudah tahapan optimalisasi," kata Sekretaris Disperkim M Aidil didampingi Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan Disperkim Kukar, Supriyadi Agus kemarin.

Baca Juga: Dinas Perkim Serah Terima 40 Unit Rumah untuk Warga Desa Muara Pedohon, Bupati Kukar Prioritaskan Warga Terdampak Longsor

Ia menyebutkan adapun lima desa yang mendapatkan layanan air bersih dari SPAM Desa kegiatan Disperkim ini ialah Desa Muara Tiq, Muara Salung, Muara Tuboq, Muara Belinau dan Muara Kebaq.

“Lima desa yang mendapatkan manfaat dari kegiatan ini,sumber air baku yang diolah untuk penyediaan air bersih ini berasal dari Sungai Lunuk. Program SPAM desa ini salah satu program visi misi bupati Kukar untuk penyediaan air bersih bagi masyarakat desa,” sebutnya.

Dirinya berharap kedepan agar program ini bisa dioptimasilasi, maka seluruh perangkat desa yang terkait bisa segera membuatkan Peraturan Desa (Perdesa) guna menjadi landasan hukum untuk penentuan tarif serta pengelolaan SPAM desa ini.

“Dikelola dengan Bumdes, sekarang sedang persiapan untuk Perdes terkait pengelolaannya baik tarif dan segalanya. Sejauh ini sudah 200 Sambungan Rumah (SR) yang sudah bisa dilakukan layanan, untuk 112 sisanya akan kami lanjutkan lagi di APBD-Perubahan tahun ini. Fix tahun ini kelima desa ini sudah bisa merasakan layanan air bersih dari program SPAM Desa ini,” pungkasnya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm