Gubernur Sutarmidji Resmikan Rumah Melayu Sambas Berkemajuan

19 Mei 2023 13:15 WIB
Gubernur Sutarmidji Resmikan Runah Melayu Sambas Berkemajuan, Kamis (18/5/2023).
Gubernur Sutarmidji Resmikan Runah Melayu Sambas Berkemajuan, Kamis (18/5/2023). ( Adpim Prov. Kalbar. )

Sambas, Sonora.ID - Di akhir rangkaian kunjungan kerjanya selama satu hari di Kabupaten Sambas, Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, S H., M.Hum., didampingi Direktur Bank Kalbar Rokidi, S.E., M.M., dan juga beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Barat melanjutkan kegiatannya dengan meresmikan rumah Melayu Sambas Berkemajuan Kabupaten Sambas, Kamis (18/5/2023).

Peresmian Rumah Melayu Sambas Berkemajuan yang ditandai dengan Penandatanganan Prasasti oleh Gubernur Kalbar bersama Bupati Sambas diharapkan menjadi ikon tersendiri sehingga bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara khususnya negara tetangga Malaysia dan Brunei Darussalam yang memiliki karakteristik melayu serumpun.

Dalam pidatonya, mengenai Kepemilikan Lahan Rumah Melayu ini, Gubernur Sutarmidji menyarankan agar lahan milik Pemerintah Kabupaten Sambas ini segera dibuatkan SK penunjukan peruntukan kepada MABM Kabupaten Sambas.

"Ingat, bukan hibah tapi penunjukan, supaya mereka lebih leluasa untuk mengelola gedung ini", jelasnya.

Baca Juga: Tanggap Cepat PLN Bantu Korban Banjir di Kabupaten Sambas

Gubernur Kalbar juga mengharapkan agar pembangunan Rumah Melayu ini dengan berbagai fasilitasnya selesai tahun ini karena ini akan menjadi destinasi pariwisata kedepannya. 

Selain itu melalui organisasi MABM ini ia mengharapkan agar memikirkan untuk membuat kenangan tentang Sambas yang dikenal dengan wilayah yang banyak memiliki ulama besar salah satunya Syekh Khatib Sambas.

"Syekh Khatib Sambas ini terkenal di berbagai daerah karena banyaknya pengikutnya yang dulu pernah mengikuti ajarannya tersebar di pelosok wilayah Indonesia dan luar negeri. Ini suatu masa mereka pasti akan berkunjung dan mengenang ketika berada di Sambas", ujarnya.

Terkait pembangunan di Kabupaten Sambas, dirinya mengatakan bahwa beberapa Pembangunan di Kabupaten Sambas ada yang sudah selesai seperti relokasi rumah masyarakat di Jawai Selatan yang telah dibangun sebanyak 20 unit dan baru saja diserahkan serta Pembangunan Jembatan Sungai Sambas Besar yang diharapkan dapat diresmikan oleh Presiden Jokowi sebelum masa kepemimpinannya berakhir.

"Pak Jokowi pernah berjanji dalam kampanye di Kalbar untuk membangun Jembatan Sungai Sambas Besar serta Jembatan Kapuas I gandeng. Dan hal itu sudah direalisasikannya sekarang sedang tahap pengerjaan. Semoga dapat segera diselesaikan, ini tak lain bukti kepedulian Pemerintah untuk membuka keterisolira masyarakat sehingga dapat membuka akses baru dan meningkatkan roda perekonomian masyarakat di wilayah tersebut", ungkapnya.

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm