Penumpang Itu Melahirkan di Saat Perjalanan Kereta

19 Mei 2023 14:30 WIB
lustrasi Melahirkan/Shutterstock/Kompas.com
lustrasi Melahirkan/Shutterstock/Kompas.com ( )
 
Bandung, Sonora.ID - Tentu masih ingat, peristiwa pada Februari 2023 lalu saat ada salah seorang penumpang kereta api (KA) Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar yang melahirkan di dalam gerbong KA Peristiwa itu pun lantas viral di media sosial.
 
Peristiwa melahirkan di dalam gerbong KA kembali terjadi pada Kamis (18/5/2023) lalu di KA Walahar relasi Purwakarta - Cikarang sekitar pukul 09.20 WIB.
 
Dengan bantuan petugas keamanan dalam kereta api dan seorang penumpang perempuan lainnya, dilakukan proses persalinan seorang pengguna yang tengah hamil tua, yang naik dari Stasiun Cibungur, lalu duduk di gerbong Ekonomi 6 bangku prioritas.
 
 
Berdasarkan siaran pers yang diterima, diinformasikan peristiwa tersebut terjadi dalam perjalanan menuju Stasiun Cikarang, penumpang yang hamil mengalami kontraksi, bertepatan pada saat petugas keamanan yang tengah melakukan pemeriksaan antar gerbong kereta.
 
"Untungnya dua petugas KAI Commuter sigap, dan langsung membantu penumpang tersebut yang tengah menahan sakit karena kontraksi," tutur VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba.
 
"Petugas yang lain lalu mengumumkan kepada seluruh penumpang KA untuk menginformasikan apakah ada yang berprofesi sebagai dokter atau bidan dengan tujuan untuk membantu persalinan," lanjutnya.
 
"Karena tidak ada penumpang yang mempunyai profesi tersebut, dan dengan bantuan penumpang perempuan lainnya, serta peralatan seadanya, kami berhasil membantu persalinan dan bayinya lahir dengan selamat," imbuhnya.
 
Lebih lanjut diinformasikan, petugas keamanan kereta berkoordinasi dengan petugas di Stasiun Cikampek untuk mempersiapkan tandu guna memberikan pertolongan selanjutnya kepada Ibu dan sang bayi. 
 
"Sesampainya di Stasiun Cikampek keduanya diberikan perawatan medis di Pos Kesehatan Stasiun Cikampek. Setelah kondisi pengguna dinyatakan stabil, selanjutnya dirujuk ke RS Izza Cikampek," kata Anne.
 
 
Untuk itu, lanjut Anne, KAI Commuter mengimbau kepada seluruh penumpang untuk menjaga kondisi dan kesehatan, karena keselamatan merupakan hal yang penting selama perjalanan dalam menggunakan kereta api. 
 
"Kami harap para penumpang tidak segan-segan meminta bantuan kepada petugas baik di dalam kereta ataupun saat di stasiun," ucap Anne.
 
KAI Commuter mengajak kepada seluruh pengguna, jadilah pengguna yang tertib, mengikuti aturan yang berlaku dan arahan petugas. Untuk info terupdate tentang KAI Commuter dapat melalui media sosial resmi @commuterline dan dapat juga melalui kontak center 021 121.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm