4 Contoh Resensi Film yang Dilengkapi dengan Struktur Penulisannya

22 Mei 2023 16:20 WIB
Ilustrasi contoh resensi film
Ilustrasi contoh resensi film ( unsplash.com)

Sonora.ID - Mari simak penjelasan tentang contoh resensi film yang sudah dilengkapi dengan struktur penulisannya.

Resensi merupakan ulasan, penilaian, atau pembicaraan yang membahas suatu karya untuk memberikan gambaran kepada pembaca terkait isi dari karya.

Melalui resensi ini, penulis dapat memberikan ulasan karya serta kelebihan dan kekurangan untuk memberikan gambaran apakah karya tersebut layak atau tidak untuk dinikmati audience.

Teks ulasan film tersebut memiliki struktur yang wajib diperhatikan oleh para penulis agar pesannya sampai pada pembaca, yaitu:

  • Identitas
  • Orientasi
  • Tafsiran
  • Evaluasi
  • Rangkuman

Agar lebih memahami penulisan teks ulasan ini, kamu bisa menyimak contoh resensi film berikut ini yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Resensi Film 'UP'

Baca Juga: Kalimat Imperatif: Pengertian, Jenis dan Contohnya

A. Identitas Film

Judul: UP
Jenis Film: Animation, Adventure, Comedy
Sutradara: Pete Doctor, Bob Peterson
Prodksi: Pixar Animation Studios
Pemain: Edward Asner (Carld Fredricksen), Jordan Nagai (Russel)

B. Sinopsis Film

Film Up yang ditayangkan tahun 2019 ini merupakan film yang berkisah tentang seorang kakek dan seorang anak bernama Russell yang berpetualangan untuk menemukan Paradise Fall dengan menerbangkan rumah menggunakan sepuluh ribu balon.

Kisah bermula ketika seorang anak laki-laki bernama Carl Fredricksen dan Ellie teman perempuannya, sama-sama mengidolakan tokoh petualang  bernama Charlez Muntz. Ketika dewasa, Carl dan Ellie menikah. Sayangnya mereka tidak dikaruniai seorang anak. Hingga akhirnya Carl dan Ellie memutuskan untuk menyisihkan sebagian uang mereka untuk ditabung.

Mereka bercita-cita untuk menemukan Paradise Fall dan mendirikan rumah di sana seperti tokoh idolanya, Charlez Muntz. Sayangnya, cita-cita itu belum sempat terwujud bahkan ketika Carl dan Ellie sudah tua renta. Hingga akhirnya Ellie meninggal dunia. Carl yang kesepian menolak pindah dari rumahnya, meski ada perusahaan konstruksi yang menawarkan untuk membeli rumahnya.

Singkat cerita, Carls sempat terlibat perkelahian dengan salah seorang pekerja yang merusak kotak suratnya sehingga Carls dijatuhi hukuman pindah rumah dan harus tinggal di panti jompo. Carls begitu kecewa, tapi ia tak kehilangan akal. Ia mengingat impiannya yang belum terwujud dengan Elly dan memutuskan untuk berpetualang mencari Paradise Fall.

Carls memasang sepuluh ribu balon gas helium. Tekanan dari balon-balon itu membuat retakan di seluruh bawah rumah dan membuat rumah Carls terbang. Kakek itu begitu bersukacita, akhirnya impiannya dengan Elly akan terwujud.

Tiba-tiba terdengar ketukan dari dalam kamar Carls ketika rumahnya sudah terbang tinggi. Ternyata seorang anak kecil bernama Russell akan turut menemani perjalanan panjangnya itu. Dimulailah petualangan mereka. Banyak kejadian yang mereka alami di sepanjang jalan hingga akhirnya mereka berhasil sampai ke Paradise Fall dan mendirikan rumah di sana.

C. Kelebihan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm