Mensos Risma Motivasi Pengrajin Batik Lokal di Biak Numfor

5 Juni 2023 10:50 WIB
Tri Rismaharini memberikan kursus singkat dalam pengembangan batik lokal bagi masyarakat di Kabupaten Biak Numfor.
Tri Rismaharini memberikan kursus singkat dalam pengembangan batik lokal bagi masyarakat di Kabupaten Biak Numfor. ( )


Biak, Sonora.ID - Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan kursus singkat dalam pengembangan batik lokal bagi masyarakat di Kabupaten Biak Numfor. Risma juga ikut
memotivasi masyarakat, khususnya dalam upaya pemberdayaan sosial. Hal ini juga dilakukan hari terakhir kunjungan kerja di Kabupaten Biak Numfor.

“Mama-mama apa yang menjadi kendalanya. Ayo ngomong saja jangan sungkan. Apa saja kendalanya sampaikan ya,” ujar Risma.

Salah seorang ibu pun menjawab lontaran pertanyaan dari Mensos Risma. Dengan tersipu dan menahan rasa tidak percaya, dia sampaikan bahwa permodalan dan bahan menjadi kendala utama.

"Modal usaha, juga bahan ibu,” ujarnya.

Mensos Risma pun langsung bereaksi untuk memenuhi permintaan ibu tersebut. Bahkan Mensos Risma juga membeli kain batik yang sudah jadi namun tak layak jual. Untuk itu, Mensos memberikan evaluasi. Ia menekankan pentingnya menjaga kualitas barang.

Risma menuturkan bahwa mereka harus belajar agar hasilnya bisa diterima di pasar.

Baca Juga: Momen Hari Lahir Pancasila, Mensos Risma Serahkan Kapal Fiber Hingga Penuhi Gizi Anak di Agats

 "Ini kalau boleh jujur tidak bagus. Tidak bisa dipasarkan baik kain batik maupun tasnya. Pemilihan warna, corak dan bahan harus diperhatikan,” katanya.

Ia meminta mama-mama untuk banyak berlatih lagi.

"Ini semua saya beli. Nanti uangnya dipakai buat modal usaha. Meski saya beli kainnya saya kembalikan untuk mama - mama berlatih membuat lebih bagus lagi,” lanjut Risma.

Mensos melanjutkan bahwa mereka bisa berkarya lebih baik lagi, karena mempunyai corak alam yang bagus. Daun, bunga maupun satwa bisa menjadi corak batik khas Biak Numfor. Mensos Risma sangat berharap mama - mama bisa membatik dengan komposisi yang lebih bagus lagi agar nantinya bisa dikenalkan dalam moment wisata nasional Teluk Cendrawasih Sail yang rencananya digelar November mendatang.

Halaman Berikutnya
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm