42 Alat Musik Tradisional dan Asal Daerahnya beserta Cara Memainkan

5 Juni 2023 15:00 WIB
Ilustrasi alat musik tradisional dan asal daerahnya beserta cara memainkan.
Ilustrasi alat musik tradisional dan asal daerahnya beserta cara memainkan. ( Pixabay/Tri Yugo Wicaksono)

Sonora.ID - Berikut ini daftar lengkap alat musik tradisional dan asal daerahnya beserta cara memainkan.

Indonesia memiliki ragam kekayaan budaya seperti bahasa, suku, hingga yang berkaitan dengan kesenian.

Keragaman budaya di Tanah Air tersebut telah melahirkan beragam alat musik tradisional yang sesuai dengan kebudayaan setiap daerah.

Baca Juga: Properti Tari Jaipong Lengkap dengan Alat Musik Pengiringnya

Dirangkum dari laman Kemenparekraf dan buku Ensiklopedi Seni Dan Budaya 2: Alat Musik Tradisional oleh R. Toto Sugiarto, simak alat musik tradisional lengkap dengan asal daerah dan cara memainkannya.

1. Gendang Melayu dari Bangka Belitung

Alat musik tradisional Bangka Belitung adalah Gendang Melayu. Daerah ini memiliki kekayaan adat Melayu yang kental, dan Gendang Melayu menjadi alat musik yang khas.

Gendang Melayu berbentuk seperti drum dan dimainkan dengan menepuk kulitnya.

2. Keso dari Sulawesi Selatan

Alat musik tradisional Sulawesi Selatan yang dikenal sebagai Keso atau geso-geso dimainkan dengan cara menggesek senar untuk menghasilkan suara, mirip dengan biola.

3. Kawasan dari Sulawesi Barat

Di Sulawesi Barat, terdapat alat musik tradisional yang disebut kawasan. Cara memainkannya yakni dengan memetik senar-senarnya untuk menghasilkan suara.

4. Kolintang dari Sulawesi Utara

Alat musik khas Sulawesi Utara adalah Kolintang yang terdiri dari papan kayu. Setiap lempengannya akan mengeluarkan suara yang khas ketika dipukul.

5. Ganda dari Gorontalo

Ganda adalah alat musik tradisional Gorontalo yang mirip dengan gendang, tetapi memiliki bentuk yang lebih bulat. Suara dihasilkan dengan menepuk bagian lunaknya menggunakan tangan.

6. Gong dari Jawa Barat

Alat musik tradisional Jawa Barat yang dikenal sebagai Gong terbuat dari kuningan dan memiliki bentuk bulat. Untuk memainkannya, gong dipukul menggunakan alat pemukul.

7. Sarune Kale dari Nanggroe Aceh Darussalam

Sarune Kale merupakan alat musik tradisional dari Nanggroe Aceh Darussalam. Alat musik ini termasuk dalam jenis aerofon dan menghasilkan suara melalui hembusan angin.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm