OJK Bersama UNIMED Gelar Training Of Trainers Sobat Sikapi dan Dihadiri 700 Orang Mahasiswa

7 Juni 2023 17:10 WIB
OJK Bersama UNIMED Gelar Training Of Trainers Sobat Sikapi dan Dihadiri 700 Orang Mahasiswa.
OJK Bersama UNIMED Gelar Training Of Trainers Sobat Sikapi dan Dihadiri 700 Orang Mahasiswa. ( )

Sonora.ID - Dalam rangka meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat di Sumatera Utara, Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara (OJK KR 5) bekerja sama dengan Universitas Negeri Medan Area (Unimed) menyelenggarakan kegiatan Training of Trainers Sobat (TOT) SIKAPI Unimed.

Acara ini berlangsung pada akhir bulan Mei 2023 di Digital Library Unimed, dan dihadiri oleh 700 orang mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Ekonomi.

Sobat SIKAPI merupakan infrastruktur sumber daya manusia yang dipersiapkan sebagai pelaksana kegiatan edukasi keuangan dalam rangka peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia.

Sobat SIKAPI Unimed adalah mahasiswa yang dipilih oleh Unimed dan dipersiapkan oleh OJK sebagai pelaksana kegiatan edukasi keuangan tersebut.

Kepala OJK KR 5, Bambang Mukti Riyadi, dalam sambutannya menyampaikan “Indeks inklusi Sumut mencapai 95%, menjadi yang kedua tertinggi di Indonesia, sementara indeks literasi keuangan masih berada di angka 51,69%. Artinya, yang memakai produk keuangan sudah banyak, tetapi pemahamannya masih kurang”.

Baca Juga: Dalam Mendukung Gerbas BBI-BWBWI OJK Bersama Perbarindo Riau Lakukan Jelajah Rokan Hulu

Salah satu latar belakang diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mengamplifikasi kegiatan edukasi keuangan dengan mangandalkan mahasiswa sebagai agen literasi keuangan.

“Hari ini, kami mengadakan ToT ini dengan harapan adik-adik mahasiswa dapat mendiseminasi berbagai ilmu literasi keuangan yang telah dipaparkan seharian ini kepada masyarakat seluas-luasnya pada saat melakukan KKN,” tutup Bambang dalam sambutannya.

Deputi Direktur Manajemen Strategis, Edukasi dan Perlindungan Konsumen, dan Kemitraan Pemerintah Daerah OJK KR 5 Wan Nuzul Fachri dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pemahaman sebelum menggunakan produk keuangan, "Secara riil, kita semua mungkin sudah memiliki rekening tabungan di bank tetapi sering kali kita kurang memahami manfaat, risiko, maupun biaya yang ada setiap memiliki rekening tabungan”.

Dekan Fakultas Ekonomi Unimed Prof. Indra Maipita, M.SI, Ph.D menyampaikan apreasiasi terhadap OJK dalam sambutannya, "Fakultas Ekonomi sangat mengapresiasi kegiatan ToT yang diselenggarakan oleh OJK, dan ini adalah pertama kalinya di Unimed dilaksanakan program kerja yang dititipkan kepada mahasiswa peserta KKN. Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut ke depannya untuk semakin meningkatkan literasi keuangan masyarakat Sumatera Utara”.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm