12 Contoh Teks Diskusi Kelas 9 Beserta Strukturnya

8 Juni 2023 13:30 WIB
Contoh Teks Diskusi Kelas 9 Beserta Strukturnya
Contoh Teks Diskusi Kelas 9 Beserta Strukturnya ( Sonora.ID)

Sonora.ID - Ada beberapa contoh teks diskusi kelas 9 yang bisa dijadikan referensi.

Teks diskusi adalah jenis teks yang berisi tinjauan terhadap sebuah isu dari dua sudut pandang yang berbeda, yaitu sisi yang mendukung dan menentang isu tersebut.

Teks diskusi sering disebut teks argumentasi dua sisi.

Sebuah teks diskusi memiliki ciri-ciri:

  • memuat informasi yang bersifat informatif, argumentatif
  • ciri kebahasaannya menggunakan kata hubung perlawanan (tetapi, sedangkan dan sebagainya)
  • bahasanya mudah dipahami dan sopan

Struktur teks diskusi antara lain:

  1. Isu, berisi pengenalan masalah yang akan dibahas atau didiskusikan
  2. Argumen mendukung, berisi penjabaran lebih lanjut tentang isu yang sedang dibahas dan argumen yang mendukung
  3. Argumen menentang, berisi argumen yang bertentangan dengan pendapat yang mendukung
  4. Simpulan, berisi rekomendasi posisi atau pendapat akhir penulis mengenai isu yang dibahas

Baca Juga: 9 Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan dan Strukturnya

Contoh Teks Diskusi Kelas 9

1. Tentang internet

Pendahuluan--

Internet telah banyak membantu manusia dalam segala unsur kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet, apa pun dapat kita lakukan, baik hal positif maupun hal negatif. Sebagai media komunikasi, internet dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia.

Isi atau Rangkaian Argumen --

Banyak siswa yang mendapatkan ilmu dengan bantuan internet. Bahkan, tugas-tugas sekolah pun kini terasa lebih mudah dengan mencarinya di internet. Tidak dapat dipungkiri bahwa internet memberikan pengaruh kepada pelajar.

Namun, tidak sedikit pula pengaruh negatif yang ditimbulkan internet. Beberapa berita, baik televisi maupun koran, melansir adanya penculikan anak atau kasus pelarian anak di bawah umur yang berawal dari situs pertemanan atau jejaring sosial di internet. Sifat anak yang mudah percaya pada siapa pun memungkinkan terjadinya hal tersebut.

Kesimpulan --

Semua pihak, baik orang tua, guru, pemerintah maupun siswa, diharapkan mencegah dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari internet bersama-sama. Pemerintah diharapkan dapat memblokir situs-situs yang tidak baik. Orang tua juga diharapkan dapat lebih memperhatikan anaknya agar anak dapat terus terpantau dan tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik.

2. Tentang Covid-19

Isu --

Corona adalah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus Covid-19 yang berasal dari Wuhan, Tiongkok. Virus ini dapat menyebabkan korbannya menderita gangguan pernapasan dengan risiko terburuk meninggal dunia. Virus ini pun sangat mudah menular.

Argumen Mendukung --

Contoh bahaya yang disebabkan oleh Covid-19 ini sangat banyak dan sudah terbukti, seperti gejala-gejala berikut ini:

  • Menyebabkan tenggorokan terasa kering
  • Gangguan pernafasan hingga mengalami sesak
  • Gangguan fungsi paru-paru
  • Anosmia atau kehilangan indra penciuman
  • Dan gejala lainnya

Argumen Menentang --

Virus Covid-19 tidak bisa menyerang apabila kita betul-betul menjaga pola hidup kita dengan benar, seperti menjaga kebersihan dan mematuhi protokol kesehatan.

Kesimpulan --

Jika sudah mengetahui betapa bahayanya Covid-19, sebaiknya kita melakukan pencegahan dengan baik serta melaksanakan pola hidup sehat dan bersih. Tak lupa, patuhi juga protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

3. Tentang Seragam

Pendahuluan --

Mantan Mendiknas (Menteri Pendidikan Nasional) terdahulu, Bambang Sudibyo, punya rencana menghapus seragam sekolah. Artinya, tidak ada lagi ketentuan siswa SD sampai SMA wajib berseragam. Kita masih menunggu, apakah rencana tersebut akan menjadi kenyataan dan ditaati sekolah-sekolah?

Isi atau Rangkaian Argumen --

Penghapusan seragam sekolah dimaksudkan untuk menghilangkan perbedaan antara siswa yang satu dengan yang lain. Seorang siswa tidak bisa bergaya dengan label senioritas dan memamerkan baju-baju mewahnya di sekolah. Di sekolah tertentu, siswa dikenai hukuman apabila melanggar ketentuan seragam sekolahnya.

Kebijakan Mendiknas untuk menghapus seragam sekolah patut dipertimbangkan. Namun, kebijakan ini dapat memberikan dampak negatif terhadap siswa. Misalnya, akan terjadi perang pamer kekayaan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm