Penguatan dan Percepatan Ekonomi Syariah, BI Grand Launching Pekan Syariah 

12 Juni 2023 11:35 WIB
Penguatan dan Percepatan Ekonomi Syariah, BI Grand Launching Pekan Syariah 
Penguatan dan Percepatan Ekonomi Syariah, BI Grand Launching Pekan Syariah  ( KPwBI Sumut)
 
Medan, Sonora.ID - Pekan Syariah merupakan rangkaian dari kegiatan Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Sumatera 2023 yang puncaknya akan dilaksanakan pada 20-23 Juli 2023 mendatang, di 3 titik strategis Kota Medan secara serentak yaitu di halaman Istana Maimun, area Jalan Masjid Raya dan Plaza Medan Fair Mall.
 
“Ini merupakan suatu kebanggaan bagi Sumatera Utara bahwa tahun 2023 ini Sumatera Utara (Sumut) menjadi tuan rumah penyelenggaran Fesyar Sumatera 2023. Momentum ini perlu kita manfaatkan dengan sebaiknya untuk saling berkolaborasi dalam penguatan dan percepatan pengembangan perekonomian Syariah di Sumatera Utara, khususnya bagi Pemerintah Daerah, instansi, asosiasi, pelaku UMKM dan para penggiat ekonomi syariah, “ imbuh Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (KPw BI Sumut), IGP Wira Kusuma yang diwakili Deputi KPw BI Sumut, Ibrahim (foto).Dalam kata sambutannya di Grand Launching Pekan Syariah Bank Indonesia, di Jalan Bukit Barisan, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Minggu (11/06/2023).
 
Kegiatan yang dirangkaikan dengan Care Free Day (CFD) tersebut, IGP Wira Kusuma juga mengatakan, secara umum program Fesyar mengusung 3 agenda utama yaitu: Sharia Competition, Sharia Forum, dan Sharia Fair. Di mana Sharia Fair merupakan wadah yang disediakan bagi pelaku usaha industri halal, UMKM, pesantren, asosiasi, komunitas, lembaga terkait lainnya termasuk pemerintah daerah.
 
Baca Juga: Gubernur Ingin Perbankan dan BUMDes Bekerjasama Percepat Inklusi

 Kemudian Sharia Competition terdiri dari berbagai perlombaan syariah (sharia competition) untuk mengexplore talenta-talenta muda untuk penguatan bidang ekonomi syariah. Sedangkan Sharia Forum merupakan rangkaian kegiatan forum dan webinar pada perhelatan Fesyar Sumatera 2023.

“Melalui berbagai kolaborasi program yang telah kami sebutkan tersebut, penyelenggaraan Fesyar Sumatera 2023 diharapkan dapat menjadi stimulus untuk mendukung akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Sumatera yang inklusif, serta mendukung visi Indonesia sebagai pusat halal dunia.
 
Tentunya hal ini tak lepas dari dukungan, kontribusi dan partisipasi aktif seluruh pihak khususnya mitra stakeholder dan masyarakat Sumatera Utara untuk turut menyukseskan Fesyar Sumatera 2023, “jelasnya.
Penguatan dan Percepatan Ekonomi Syariah, BI Grand Launching Pekan Syariah 
 
 
Ia menambahkan, Bank Indonesia sendiri secara konsisten terus bersinergi mengimplementasikan berbagai program pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.
 
Dalam program pengembangan ekosistem rantai nilai halal, Bank Indonesia terus melanjutkan program kemandirian ekonomi pesantren antara lain dukungan peningkatan kapasitas usaha dengan penyaluran Program Sosial Bank Indonesia, pelaksanaan capacity building, program Infratani budidaya pertanian, perluasan akses pemasaran, business matching, dan pendampingan intensi lainnya.
 
Untuk UMKM, lanjutnya lagi, terdapat program Industri Kreatif Syariah (IKRA) yang diharapkan dapat menjadi leading industri syariah Indonesia yang berorientasi pasar internasional. Selanjutnya untuk mendukung kemandirian ekonomi pesantren saat ini juga telah terbentuk Hebitren (Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren).
 
“Kami berharap peran optimal Hebitren dapat menjadi katalis dan fondasi yang kuat bagi penguatan usaha bisnis pesantren tidak hanya di Sumatera Utara bahkan hingga lintas nasional dan global. Dukungan ini semakin lengkap dengan kehadiran KDEKS (Komite Daerah Ekonomi Keuangan Syariah) dan MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) yang belum lama ini diresmikan. Semoga kehadiran berbagai lembaga ini semakin memperkuat ikhtiar kita bersama membangun perekonomian syariah di Sumatera Utara,” pungkasnya
 
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm