Komisi V DPR RI Dorong Pemprov Sulsel Cari Lahan Baru untuk Bangun Stadion

15 Juni 2023 17:55 WIB
Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady saat diwawancara awak media Makassar terkait pembangunan stadion.
Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady saat diwawancara awak media Makassar terkait pembangunan stadion. ( Dok Sonora.id)

Makassar, Sonora.ID - Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady mendorong Pemprov Sulsel mencari lahan baru agar bisa membangun stadion bertaraf internasional. Menurutnya, dua proyek stadion yang ada yakni Stadion Barombong dan Mattoanging hingga kini masih bermasalah.

"Di Sulsel yang mendesak untuk diselesaikan salah satunya stadion, yang pada dasarnya sudah pernah ada tapi terbengkalai. Sekarang solusinya, cari lahan baru, kan ada (lahan) di Gombara, yang penting jangan keluar dari Makassar," ujar Hamka ditemui saat kunjungan kerja ke Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (15/6/2023).

Hamka menilai, Pemprov Sulsel belum maksimal dalam mengupayakan percepatan pembangunan kedua stadion tersebut. Pemprov berdalih, keduanya bermasalah hukum. Dirinya oun menyayangkan lantaran masalah tersebut dibiarkan berlarut-larut. Khusus Stadion Mattoanging misalnya, anggaran pembangunan telah tersedia sekitar Rp60 miliar. Malah Hamkah memastikan pusat siap membantu anggaran Stadion Mattoanging. Syaratnya, proyek tersebut harus clean and clear.

"Waktu jaman Nurdin Abdullah (NA) kita bantu lobby buat dapat dana PEN, tapi beliau masuk KPK jadi buyar semua. Ini dilanjutkan malah muncul masalah baru, masalah hukumlah. Yang jelas stadion baru bisa dibangun dan dibantu dibangun apabila lahannya clean and clear dari sisi hukum," tegas Hamka. Begitupula dengan pembangunan Stadion Barombong yang dinilainya mangkrak. 

Baca Juga: Branding Makassar Kota Makan Enak Buat Penerimaan Pajak Naik Jadi Rp100 Miliar

Untuk itu, ia berharap Pemprov Sulsel lebih proaktif dan serius dalam menghadirkan infrastruktur olahraga, utamanya stadion. Apalagi, Sulsel memiliki tim kebanggaan PSM Makassar dengan suporter fanatik yang jumlahnya sangat besar.

"Intinya persoalan uang gampang. Ini sudah dianggarkan tau-tau ada masalah. Lebih baik bangun stadion di lahan baru, bisa dibuat bertaraf internasional kapasitas 40 ribu penonton. Bikin kek yang besar, sekalian untuk investasi," ucapnya.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras. Ia mengaku miris karena Provinsi sekelas Sulawesi Selatan tak memiliki stadion yang layak. Olehnya ia berharap, stadion bisa segera dibangun. Politisi Gerindra ini meminta Pemprov Sulsel bisa menyiapkan lahan yang tidak terkendala masalah hukum. Dengan demikian, Kementerian PUPR sebagai mitra Komisi V dapat mengalokasikan anggarannya untuk membantu pembangunan stadion.

"Jadi pada prinsipnya, tinggal kesiapan lahannya. Kalau lahannya tidak ada masalah, kita akan segera mengintervensi, apalagi saat ini sudah pembahasan anggaran untuk 2024. Kita bisa masukkan di situ," imbuh Iwan Darmawan Aras.

Menanggapi hal itu, Penjabat Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengakui bahwa menyiapkan lahan baru untuk membangun stadion butuh proses yang panjang. Di antaranya pembebasan lahan, memikirkan lokasi strategis, juga pengurusan dokumen Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) maupun Analisis Dampak Lalu Lintas (ANDALALIN). Kendati demikian, pihaknya tetap menampung saran tersebut sebagai alternatif terakhir.

"Kita pikirkan opsi itu, tapi kita tetap optimistis pembangunan di lokasi yang sama bisa kita lakukan. Pilihan terakhir memang adalah mencari tempat lain yang bisa dibanguni stadion," ungkap Darmawan Bintang.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm