Sonora.ID - Berikut ulasan selengkapnya mengenai "Apa itu Housekeeping? Inilah Pengertian, Tugas, Hingga Tanggung Jawabnya".
Housekeeping merupakan sebuah profesi yang umumnya ada di hotel atau perusahaan besar. Lalu apa sih makna dari housekeeping?
Secara harfiah housekeeping merupakan sebuah manajemen yang berkewajiban untuk menanggung segala urusan kebutuhan rumah tangga.
Dalam hal ini biasanya usahanya berupa membersihkan, memasak, mengurus setiap ruangan, mengurus tagihan hingga berbelanja.
Baca Juga: Bupati Buka Muscab DPC APBMI Ke-IV Bangun Kerjasama, Majukan Ekonomi Kabupaten Berau
Pengertian Housekeeping
Ada beberapa pengertian Housekeeping menurut beberapa ahli, apa sajakah pengertiannya? Berikut ulasan selengkapnya mengenai hal tersebut:
Menurut Djohan, T.M (1993) adalah salah satu bagian yang ada di dalam hotel yang menangani hal-hal terkait dengan keindahan, kerapihan, kebersihan, kelengkapan seluruh kamar juga seluruh area umum agar seluruh tamu dan karyawan dapat merasa aman dan nyaman di dalam hotel
Menurut Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi No. KM3/PW/003/MPPT86 adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruhnya jasa lainnya bagi umum yang dikelola secara komersil
Tugas Housekeeping
Tugas housekeeping pagi hari :
Housekeeping akan menghubungi front officer untuk mendapatkan informasi mengenai kamar VIP yang telah dipesan di hari itu, dan jadwal check-out room. Kemudian laporan akan diteruskan ke masing-masing supervisor.
Melakukan pencataatn dan pemeriksaan barang yang hilang maupun rusak dan digati dengan yang baru.
Membagi jadwal cleaning supplies ke masing-masing lantai.
Sore hari :
Membuat laporan jadwal housekeeping evening shift.
Bertanggung jawab terhadap jalannya pekerjaan diwaktu sore hingga malam, terutama apabila executive housekeeping sedang tidak ada di tempat.
Mengisi buku daftar hadir.
Tanggung Jawab Housekeeping
Membersihkan dan memelihara kamar-kamar tamu di seluruh area hotel.
Menjaga kebersihan secara menyeluruh di public hotel.
Menjaga kebersihan linen hotel.
Membuat laporan status kamar ke bagian front officer.
Menjaga peralatan kerja housekeeping dengan baik.
Menata kamar supaya terlihat bersih dan indah.
Baca Juga: Paket Halal Bihalal Transera Hotel, Harga Ekonomis
Baca artikel update lainnya dari Sonora.ID di Google News.