Melalui Layanan JKMB, Warga Medan Dapat Berobat di 19 Rumah Sakit di Luar Kota Medan

19 Juni 2023 18:35 WIB
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat mengunjungi salah satu rumah sakit memastikan peralatan dan fasilitas yang disediakan.
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat mengunjungi salah satu rumah sakit memastikan peralatan dan fasilitas yang disediakan. ( Pemko Medan)

Medan, Sonora.ID - Rumah sakit di luar Kota Medan yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan juga memberikan layanan kesehatan bagi warga melalui program Universal Health Coverage (UHC) dengan nama Jaminan Kesehatan Medan Berkah (JKMB), selain tentunya 43 rumah sakit di Kota Medan.

Tercatat, saat ini ada sejumlah rumah sakit di luar ibukota Provinsi Sumatera Utara yang siap melayani warga berobat melalui layanan JKMB tersebut. 

“Alhamdulillah, saat ini ada tercatat 19 rumah sakit di luar Kota Medan yang siap memberikan layanan kesehatan bagi warga Kota Medan,” kata Kadis Kesehatan Kota Medan dr Taufik Ririansyah melalui Salmon Urung Yanta Sembiring Brahmana SKM MKes selaku PIC JKN/JKMB Dinas Kesehatan saat dihubungi kemarin.

Ada pun ke-19 rumah sakit tersebut, RS Sinar Husni (Deli Serdang), RS Mitra Medika Bandar Kalipah (Deli Serdang), RS Tanjung Pura (Tanjung Pura) dan RS Royal Prima Jambi (Jambi). Kemudian, imbuhnya, RS Rumkit TK IV IM 07.01 (Lhokseumawe), RSUD Djoelham (Binjai), RSUD DR Zainoel Abidin (Banda Aceh), UPT RS Khusus Paru Provsu (Deli Serdang) serta RSU Bunga Melati (Tangerang).

Baca Juga: Dukung Pengembangan UMKM, Tahun Ini Pemko Medan Bangun Rumah Kemasan

Selain itu, RS Mulya Tangerang (Tangerang), RSIA Mina Husada (Tanah Karo), RS Khusus Daerah Duren Sawit (Jakarta Utara), RSU Citra Medika (Deli Serdang) dan RSUD Meuraxa (Banda Aceh). Lalu, ungkapnya, RSUD DR Soedono (Madiun), RSIA Pramaliesa (Deli Serdang), Krakatau Medika Hospital (Cilegon), RSU Sakinah (Lhokseumawe) dan RS Vita Insani (Pematang Siantar).

Dari 19 rumah sakit itu, sebanyak 39 warga Kota Medan telah menerima layanan JKMB tersebut. Ada pun perinciannya, di RS Sinar Husni (Deliserdang) sebanyak 35 pasien JKMB, RS Mitra Medika Bandar Khalifah (Deliserdang) 1 pasien JKMB, RS Sakinah (Lhoikseumawe) 1 pasien JKMB dan RS Vita Insani (Pematang Siantar) 2 pasien JKMB.

Ditegaskan Salmon, tidak hanya 19 rumah sakit tersebut, warga Kota Medan yang butuh layanan kesehatan dapat berobat di seluruh rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Sebab, peserta yang telah didaftarkan Pemko Medan itu sama haknya dengan peserta yang didaftarkan Pemerintah Pusat.

“Jadi dimana pun warga Medan dan dalam kondisi apapun harus bisa dilayani di rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Yang penting warga bersangkutan punya KTP Kota Medan dan Kartu Keluarga (KK) nya terdaftar di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan. Hal ini sesuai dengan Amanah Pak Wali jangan sampai ada warga kita yang butuh layanan kesehatan sampai terabaikan,” paparnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm