Gubernur Inginkan OPD Diisi Dengan Tenaga yang Kompeten

20 Juni 2023 20:40 WIB
Rapat Koordinasi Teknis Bidang Organisasi se-Kalbar Tahun 2023 yang mengangkat tema “Membangun Sinergi Dalam Penguatan Tata Kelola Pemerintahan di Provinsi Kalimantan Barat” resmi dibuka oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., di Aula Garuda Gedung Terpadu Kantor Gubernur Kalbar, Selasa (20/6/2023).
Rapat Koordinasi Teknis Bidang Organisasi se-Kalbar Tahun 2023 yang mengangkat tema “Membangun Sinergi Dalam Penguatan Tata Kelola Pemerintahan di Provinsi Kalimantan Barat” resmi dibuka oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., di Aula Garuda Gedung Terpadu Kantor Gubernur Kalbar, Selasa (20/6/2023). ( Adpim)

 

Pontianak, Sonora.ID - Rapat Koordinasi Teknis Bidang Organisasi se-Kalbar Tahun 2023 yang mengangkat tema “Membangun Sinergi Dalam Penguatan Tata Kelola Pemerintahan di Provinsi Kalimantan Barat” resmi dibuka oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., di Aula Garuda Gedung Terpadu Kantor Gubernur Kalbar, Selasa (20/6/2023).

Rakor Teknis Bidang Organisasi se-Kalbar ini merupakan wujud dari sinergi pemerintahan yang efektif antara pemerintah dan pemerintah di daerah, khususnya dalam merespon berbagai perubahan kebijakan dan menyelaraskan upaya pencapaian target dalam penguatan tata kelola pemerintahan di daerah.

Dalam kesempatan ini, Gubernur mengatakan Biro Organisasi (Bagian Organisasi) harus dapat mengetahui dan mengakomodir kebutuhan OPD dalam demi tercipatanya tata kelola pemerintahan yang baik.

"Sebagai kunci utama dalam percepatan pelayanan publik adalah percepatan dalam capaian-capaian perencanaan RPJMD. Kemudian melihat kebutuhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terhadap tenaga/skill tertentu. Jadi baik atau tidak baik tata kelola pemerintahan itu dilihat apakah yang membidangi organisasi ini kompeten atau tidak," kata Gubernur.

Baca Juga: Upaya Pemprov Kalbar dalam Mengantisipasi Karhutla

Orang nomor satu di Kalbar ini berharap agar para Bupati/Wali Kota dalam membentuk tata kelola pemerintahan yang baik, menempatkan orang-orang yang memiliki pemahaman dan skill yang mumpuni pada bidang tersebut.

"Orang-orang yang paham betul tentang tupoksinya, paham tentang kebutuhan Pemerintah Daerah, paham tentang OPD yang memiliki kelemahan disuatu Pemda, itu harus dipotret oleh Bidang Organisasi. Sehingga hasil-hasil kinerja kita bagus semua, tata kelola pemerintahan bagus, pelayanan publiknya baik, karena itu potretnya ada di Biro Organisasi, kita lihat seperti raport yang mana menjadi kelemahan, segera kita perbaiki," tutup Sutarmidji.

Adapun narasumber pada acara ini adalah Alfian Lisdias Ismanto, SE, Narasumber yang mewakili Asisten Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, yang akan memberikan materi berkenaan dengan ‘Implementasi Reformasi Birokrasi Tematik dan General’ pada Pemerintah Daerah dan selanjutnya Claudya Sanin Hutasoit, MT, Narasumber yang mewakili Asisten Deputi Bidang Perancangan Jabatan, Perencanaan dan Pengadaan Sumber Daya Manusia Aparatur, yang membawakan materi tentang ‘Mekanisme Teknis Penyesuaian Peta Jabatandan Evaluasi Jabatan Berdasarkan KepmenPANRB 1103 Tahun 2022’.

Rakor Teknis Bidang Organisasi se-Kalbar Tahun 2023 ini turut dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, dr. Harisson, M.Kes., seluruh Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalbar, 150 peserta yang terdiri Para Asisten Administrasi dan Umum/Kepala Bappeda dan Kepala Bagian Organisasi Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat.

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm