15 Contoh Kata Pengantar Laporan yang Baik dan Benar

30 Juni 2023 14:30 WIB
Ilustrasi contoh kata pengantar laporan
Ilustrasi contoh kata pengantar laporan ( freepik.com)

Sonora.ID - Artikel kali ini akan membahas tentang contoh kata pengantar laporan yang baik dan benar.

Kata pengantar menjadi salah satu bagian dari laporan yang harus ditulis secara baik dan benar agar berkas tersebut menjadi sempurna.

Melalui kata pengantar, penulis laporan dapat menyampaikan rasa terima kasih dan bersyukur atas segala hal yang sudah membantunya dalam menyusun laporan.

Banyak yang menganggap bahwa kata pengantar sangat mudah untuk dibuat. Namun kenyataannya, tidak sama sekali.

Agar laporan kamu dapat lebih sempurna, kamu bisa menyimak 15 contoh kata pengantar laporan berikut ini yang baik dan benar.

Baca Juga: 5 Contoh Kata Sambutan Wali Kelas dalam Pembagian Raport

1. Contoh Kata Pengantar I

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas yang berjudul “Laporan Praktikum Enzim Katalase” ini tepat pada waktunya.

Adapun tujuan dari penulisan dari laporan ini adalah untuk memenuhi tugas pada mata kuliah Fisika dasar. Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk menambah wawasan tentang enzim katalase di kehidupan sehari-hari bagi para pembaca dan juga bagi penulis.

Terlebih dahulu, saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu (....), selaku Dosen Fisika dasar yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang saya tekuni ini.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan semua, terima kasih atas bantuannya sehingga sehingga saya dapat menyelesaikan tugas ini.

Kemudian, saya menyadari bahwa tugas yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun kami butuhkan demi kesempurnaan laporan ini.

Jambi, 18 Mei 2020

Penulis

2. Contoh Kata Pengantar II

Kami ucapkan puji syukur serta nikmat pada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nya yang melimpah, atas terselesaikannya kegiatan magang di PT Tunas Jaya cabang Bandung.

Laporan ini dibuat untuk memenuhi persyaratan tugas mata kuliah praktik kerja bisnis di fakultas ekonomi jurusan akuntansi universitas X Bandung. 

Tujuan dibuatnya laporan magang ini yaitu untuk melaporkan segala sesuatu yang ada kaitannya dengan dunia kerja di PT Tunas Jaya cabang Bandung.

Dalam penyusunan laporan magang ini, tentu tak lepas dari pengarahan dan bimbingan dari berbagai pihak. Maka penulis ucapkan rasa hormat dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu. Pihak-pihak yang terkait itu di antaranya sebagai berikut:

  1. Seluruh dosen penulis di Fakultas Ekonomi yang sudah memberikan banyak informasi.
  2. Bapak Hasan Sudrajat selaku ketua PT Tunas Jaya.
  3. Karyawan dan karyawati PT Tunas Jaya yang dengan tulus memberi pengarahan pada penulis selama penulis magang di perusahaan tersebut.
  4. Orang tua dan teman-teman penulis, terima kasih banyak atas dukungannya.

Karena kebaikan semua pihak yang telah penulis sebutkan tadi maka penulis bisa menyelesaikan laporan magang ini dengan sebaik-baiknya. Laporan magang ini memang masih jauh dari kesempurnaan, tapi penulis sudah berusaha sebaik mungkin. Sekali lagi terima kasih. Semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua.

Bandung, 22 Oktober 2017

Penulis

3. Contoh Kata Pengantar III

Segala puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga penyusun dapat membuat laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini.

Walaupun demikian, penyusun berusaha dengan semaksimal mungkin demi kesempurnaan penyusunan laporan ini baik dari hasil kegiatan belajar mengajar di sekolah, maupun dalam menunaikan praktik kerja di dunia industri.

Saran dan kritik yang sifatnya membangun begitu diharapkan oleh penyusun demi kesempurnaan dalam penulisan laporan berikutnya.

Dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Laporan Praktik Kerja Industri ini, di antaranya:

  1. Bapak Yusuf, M.Pd., selaku Kepala SMK NU Tasikmalaya.
  2. Ibu Sri Rezeki, SE., selaku Kepala Program Administrasi Perkantoran.
  3. Bapak H. Asrul Sani, S.A., M.M., selaku Pimpinan Umum Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya.
  4. Bapak Zainudin, S.Sos., selaku Pembimbing dari pihak instansi.
  5. Bapak Yayat Sutisna, S.Pd., selaku Pembimbing dari pihak sekolah.
  6. Rekan se-angkatan.

Akhir kata, penyusun berharap laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca serta dapat membantu bagi kemajuan serta perkembangan SMK NU Tasikmalaya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm