Suhu Dingin dengan Intensitas Tinggi dapat Menyebabkan Frostbite

4 Juli 2023 13:00 WIB
Ilustrasi, Suhu Dingin dengan Intensitas Tinggi dapat Menyebabkan Frostbite
Ilustrasi, Suhu Dingin dengan Intensitas Tinggi dapat Menyebabkan Frostbite ( Freepik)

Sonora.ID - Sahabat Sonora, sudahkah kamu menonton film yang bertajuk EverestFilm yang mengisahkan tentang perjalanan para pendaki untuk bisa mencapai di puncak, namun hanya beberapa orang saja yang selamat dari ekpedisi mendaki gunung everest tersebut dengan kondisi beberapa bagian tubuh sudah terkena kondisi frostbite.

Lalu apa sih maksud dari kondisi frostbite itu sendiri? Frostbite adalah kondisi medis yang terjadi ketika kulit dan jaringan di bawahnya membeku akibat paparan suhu yang sangat dingin.

Frostbite biasanya terjadi pada bagian tubuh yang terpapar langsung oleh suhu dingin seperti jari tangan, jari kaki, hidung, telinga, dan pipi.

Frostbite adalah kondisi yang serius dan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada jaringan kulit, otot, tulang, dan jaringan lainnya.

Baca Juga: 7 Cara Menghangatkan Badan saat Cuaca Dingin yang Mudah Dilakukan

Adapun hal yang dapat membuat seseorang terkena frostbite atau radang dingin, Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami frostbite, diantaranya yang pertama adalah memengaruhi kemampuan tubuh untuk merasakan atau merespons dingin. Misalnya dehidrasi, keringat berlebih, kelelahan, tubuh basah ketika terpapar suhu dingin, ketakutan, kepanikan, atau penyakit mental yang dapat mengganggu diri sendiri.

Ketahuilah gejala yang dapat membuat tubuh terkena frostbite, karena hal itu biasanya terjadi pada bagian tubuh yang terpapar langsung oleh suhu dingin. Beberapa gejala frostbite antara lain

  • Kulit terasa dingin dan mati rasa
  • Kulit terlihat pucat atau kebiruan
  • Kulit terasa sakit atau terbakar
  • Kulit terlihat bengkak atau berbentuk lepuh

Lalu bagaimana untuk pengobatan jika tubuh sudah mengalami gejala frostbite? Langkah pertama untuk mengobati frostbite adalah dengan menjauhi sumber suhu dingin secepat mungkin.

Sahabat Sonora bisa melindungi kulit dari paparan suhu dingin, misalnya dengan menyelipkan tangan ke ketiak atau menutupi wajah dengan kain yang kering.

Baca Juga: Selimut Bukan Asal Selimut! Ada Selimut Khusus Anak Bayi yang Nyaman & Berkualitas!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm